Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norton Ukir Rekor Kecepatan Tertinggi

Kompas.com - 01/09/2010, 14:53 WIB

UTAH, KOMPAS.com — Norton mengukir rekor di Bonneville, Utah, AS, Senin (30/8/2010). Di arena padang garam tersebut, pabrikan sepeda motor Inggris itu datang membawa model 961 Commando SE yang dibesut Alan Cathcart. Hasilnya, dengan melesat rata-rata 207 km (129,121 Mmph) per jam, rekor dunia tercatat untuk kecepatan rata-rata tertinggi khusus kelas produksi 1.000 cc push-rod.

Norton sengaja ikut serta dalam ajang tahunan BUB Motorcycle Speed Trial dan mereka memercayakan Alan Cathcart untuk menungganginya. Adapun rekor sebelumnya diukir Buell dengan rekor 202,23 km perjam (126,398 mph).

"Hasil ini sangat bagus, untuk kali pertama menempatkan Norton dalam catatan buku rekor. Di sini kami menggunakan motor produksi standar seperti yang dikirim kepada setiap pelanggan," ungkap Cathcart.

Ajang BUB digelar di bagian tengah padang garam tersebut. Norton berhasil mempertajam rekor Buell setelah melalui beberapa kali percobaan. Upaya pertama menghasilkan kecepatan rata-rata 124,942 mph (199,92 km per jam) dengan kecepatan angin dari depan sebesar 16 km per jam. Pada upaya kedua, Cathcart bisa melesat lebih cepat, 129,003 mph (206,42 km per jam). Baru pada percobaan ketiga, kecepatan 129,191 mph didapat dengan kondisi kecepatan angin 11,2 km per jam.

Keberhasilan Norton setelah menunggu bertahun-tahun ini tak lepas dari kerja keras tim. Motor tersebut dikembangkan bersama pembuat mesin F1 MCT di Oxfordshire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau