Yamaha YZF-R125, Ergonomi dan Serasa Moge

Kompas.com - 30/11/2009, 10:41 WIB
Editorbastian

First Ride

KOMPAS.com — Yamaha YZF-R125 baru tersedia 2 unit dan khusus edisi terbatas dengan grafis Valentino Rossi. Jika berminat, maka Anda harus bersabar karena motor-motor ini sudah keburu disambar konsumen lain. "Bakal dijual banyak pada 2010," janji David Hendrick dari importir umum Pro Bike.

Dari hasil uji jalan yang dilakukan Em-Plus, ada empat kesan yang dirasakan dari motor berkapasitas 124,66 cc ini. Performanya mirip V-ixion, padahal dari spek teknik, silinder lebih kecil 25 cc. Bila R125 bertenaga 11,75 dk, maka V-ixion 11,88 dk.

Kesan pertama, motor yang dibanderol Rp 95 juta ini terasa tinggi dan beda dibanding Kawasaki Ninja 250R. Jok YZF-R125 memiliki tinggi 818 mm. Kedua, posisi motor terasa lebih menungging, dan footstep lebih tinggi sehingga siku bersentuhan dengan lutut saat badan merunduk. Ketiga, laju motor seperti pelan. Ketika digeber pada gigi satu, kecepatan motor hanya pada angka 27. Namun begitu dicermati, ternyata angka 27 tadi menggunakan satuan MPH alias mile per hour. Berarti, kecepatan maksimum gigi satu motor ini mencapai 43,45 km/jam, sedangkan gigi 2 mencapai 75,64 km/jam.

Terakhir, peran suspensi dan rem sangat mendukung. Saat menikung, motor ini nurut diajak rebah ke kiri atau ke kanan. "Khusus R125, bentuk dan ergonomi berkendaranya sudah seperti moge," papar Hendrick. (Eka.Aong)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.