Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April Harga Mobil Naik Lagi

Kompas.com - 17/03/2009, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kalau Anda punya minat membeli mobil, jangan tunda sampai April mendatang. Pasalnya, sejumlah produsen roda empat di Tanah Air sudah memberi sinyal akan menaikkan harga. Info pertama datang dari Nissan yang beritanya telah Kompas.com lansir 10 Maret lalu.

Selain Nissan, sang market leader, PT Toyota Astra Motor (TAM), juga sudah bersiap untuk mendongkrak harga. Ihwal ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran PT TAM Joko Trisanyoto di sela-sela peluncuran New Yaris di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Senin (16/3) saat menjawab pertanyaan Kompas.com. "Tidak semuanya naik, seperti Yaris, harga itu tidak naik lagi April nanti," sebut Joko.

Hingga kini, produk Toyota sudah mengalami kenaikan beberapa kali. Menurut Joko, kenaikannya ada yang sudah tiga kali dan bahkan empat kali. Ketika disinggung soal Avanza, ia memastikan naik. Namun, berapa kenaikannya, hal itu masih dalam hitungan. "Enggak bisa ditentukan dengan persentase, kalau Toyota itu naiknya berapa juta," jelas Joko.

Pada bagian lain, Presdir PT TAM Johnny Darmawan menjelaskan, kenaikan harga Toyota itu baru mencapai nilai tukar rupiah di Rp 10.000. "Belum sampai ke angka Rp 12.000," sebut Johnny di Blitz Megaplex, Jakarta, Senin (16/3).

Tak cuma Toyota, Suzuki pun siap menaikkan harga mobilnya. Menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Rudjojo Nirjana kepada Kompas.com, pihaknya terpaksa menaikkan harga sebagai impact dari krisis yang belum menunjukkan ke arah perbaikan. "Kenaikannya sekitar 2 persen dan berlaku mulai April," bocor Rudjojo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com