Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tergiur dengan Harga Murah, Pembeli Mobil Bekas Bisa Kena Penipuan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mencari mobil bekas biasanya calon pembeli berharap mendapatkan penawaran harga unit yang murah.

Namun, impian calon pembeli yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga miring seringkali membuat mereka mudah menjadi korban penipuan.

Fahmi Hatta, CEO PT Inspeksi Mobil Jogja, yang juga buka cabang di Solo, mengatakan, korban penipuan segitiga saat membeli mobil bekas ini bisa terjadi karena calon pembeli sangat tergiur dengan penawaran harga yang sangat murah.

“Soalnya kita dulu pernah ada salah satu customer kita ketipu Rp 158 juta mobil Jazz RS, dari awal kita sudah kasih satu customer ini modus penipuan segitiga,” kata Hatta kepada Kompas.com, Senin (21/10/2024).

Hatta bisa mengatakan, penipuan tersebut terjadi karena korban atau calon pembeli tergiur dengan harga mobil yang murah padahal sudah diberitahukan jika ini ada indikasi penipuan segitiga.

Dia juga mengatakan, ciri penipuan segitiga ini biasanya menawarkan mobil bekas dengan harga sangat murah dan tidak mau atau banyak alasan saat diajak bertemu pembeli.

“Karena mobilnya murah banget, terus si penipu ini bilang penjual mobil tersebut adalah kerabatnya, saat kita cek pakai get contact juga nomornya tidak dapat dicari,” katanya.

Namun, setelah diberitahu jika hal tersebut bisa jadi indikasi penipuan segitu, calon pembeli tetap tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

“Kita sudah wanti-wanti ke customer kalau ini ada modus penipuan segitiga, tapi setelah itu karena customer tergiur harganya yang murah, kita kecolongannya disitu. Customer sudah transfer langsung cash Rp 158 juta ke penipu,” kata Hatta.

Maka dari itu, bagi calon pembeli sebaiknya tidak mudah terpengaruh oleh penawaran harga yang terlalu rendah, karena bisa dengan mudah menjadi korban penipuan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/081200615/tergiur-dengan-harga-murah-pembeli-mobil-bekas-bisa-kena-penipuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke