Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Pamerkan Teknologi Isi Ulang Mobil Hidrogen yang Praktis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) akan meramaikan Japan Mobility Show Bizweek 2024. Toyota akan memamerkan teknologi isi ulang mobil hidrogen yang praktis.

Pada pameran otomotif ini, Toyota akan memamerkan deretan teknologi yang terkait dengan netralitas karbon. Tapi, yang paling menonjol adalah teknologi hidrogennya.

Dikutip dari Global.toyota, Sabtu (12/10/2024), Toyota sedang melakukan penelitian dan pengembangan untuk mewujudkan masyarakat netral karbon berdasarkan pendekatan Multi-Pathway dengan beragam pilihan energi yang layak.

Hidrogen adalah energi bersih utama yang tidak mengeluarkan CO2 saat digunakan, dan emisi CO2 juga dapat diminimalkan selama proses produksi jika sumber energi terbarukan seperti angin dan matahari digunakan. Hidrogen dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dalam sistem sel bahan bakar dan juga dapat digunakan sebagai bahan bakar lainnya.

Isi ulang mobil hidrogen portabel ini akan dipamerkan untuk pertama kalinya di Jepang pada acara ini. Teknologi yang dikembangkan Toyota dalam pengembangan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) digunakan untuk mengurangi ukuran dan berat tangki hidrogen, yang sebelumnya berukuran besar dan sulit dibawa, menjadi ukuran yang dapat dibawa dengan tangan. Teknologi ini dirancang untuk menjadikan hidrogen sebagai sumber energi yang akrab dan aman yang dapat digunakan dalam berbagai situasi sehari-hari.

Kompor bertenaga hidrogen yang dikembangkan bersama dengan Rinnai Corporation juga akan dipamerkan sebagai contoh penggunaan hidrogen. Isi ulang hidrogen portabel tersebut akan digunakan untuk sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik atau untuk memasak dengan membakar gas hidrogen.

Selain memamerkan teknologi isi ulang hidrogen portabel, Toyota juga menghadirkan mobilnya, yakni GR Corolla. Mobil ramah lingkungan ini ditenagai dengan hidrogen cair.

Sejak 2021, Toyota mencoba balapan menggunakan gas hidrogen. Mulai 2023, Toyota mulai mengembangkan mobil balap yang ditenagai dengan hidrogen cair.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/12/162200915/toyota-pamerkan-teknologi-isi-ulang-mobil-hidrogen-yang-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke