Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik MG Tabrak Booth di GIIAS Bandung 2024, Diduga Pengunjung Tak Sengaja Injak Pedal Gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan insiden yang terjadi booth MG Motor Indonesia dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024.

Dalam video yang diunggah oleh aku Tiktok bernama Derry Arliendo Gunawan, memperlihatkan mobil MG ZS EV menabrak booth yang berada di pameran tersebut. Insiden itu diduga terjadi karena pengunjung yang tidak sengaja menginjak gas mobil listrik MG berwarna putih itu.

“Wah di GIIAS ini nampaknya ada kecelakaan guys. Ada orang di dalamnya, dia mundurin mobil, dan nabrak. Haduh sial-sial, sial di dalam kalender tidak ada ya, jadi be safety,” ucap perekam dalam video, dalam video yang diunggah, Sabtu (29/9/2024).

Tim redaksi sudah menghubungi pihak MG Motor Indonesia terkait kejadian ini. Namun, insiden itu masih dalam proses investigasi terkait sehingga belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab kejadian tersebut.

Insiden pengunjung tidak sengaja menginjak pedal gas mobil juga sempat terjadi di Mall Of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mobil yang sedang dipamerkan mendadak tergelincir lantaran ada seorang bocah yang menaiki mobil dan tidak sengaja menginjak pedal gas, sehingga mobil menabrak tembok mal.

“Selain itu, larang anak-anak berada di posisi tempat duduk pengemudi, serta memberikan pengamanan tambahan dengan pertimbangan jika hal-hal buruk terjadi apa yang harus dilakukan,” kata Sony, kepada Kompas.com.

Saat pameran berlangsung, ada baiknya jika pemilik lahan maupun penyelenggara acara melibatkan pihak safety sebagai orang yang bertanggung jawab dalam hal pengamanan.

“Mereka meremehkan faktor X ini, sehingga kecelakaan-kecelakaan serta kegagalan-kegagalan yang memalukan selalu berulang. Pihak safety adalah pihak yang independen bukan security karena ini dua ranah yg berbeda antara pengamanan lingkungan dengan kendaraan, tetapi tetap harus ada kerjasama,” ucap Sony.

Sony melanjutkan, dengan adanya pihak safety setidaknya bisa meminimalisir risiko bahaya yang bisa terjadi.

“Pisahkan antara pihak safety dan sales dalam pameran kendaraan. Sehingga pembagian tugasnya dipisah antara jualan dengan pengawasan dan risiko-risiko yg berbahaya dapat dihindari. Safety memang mahal tetapi harga yang ditawarkan sesuai dengan keamanan sebuah event,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/29/114100015/mobil-listrik-mg-tabrak-booth-di-giias-bandung-2024-diduga-pengunjung-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke