Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Salah Beli Avanza Bekas, Ada 2 Tipe Sistem Kemudi

KLATEN, KOMPAS.com - Toyota Avanza menjadi mobil andalan masyarakat Indonesia. Sejak pertama kali mengaspal di Tanah Air pada 2003, mobil ini sudah mendapatkan sambutan baik oleh konsumen.

Sampai saat ini, Avanza sudah banyak mengalami pembaruan. Khusus bagian sistem kemudi juga terdapat dua jenis yakni hydraulic power steering (HPS), lansiran 2003 sampai 2011, dan electronic power steering (EPS), lansiran 2011 akhir sampai saat ini.

Kedua jenis sistem kemudi ini memiliki karakter berbeda, serta memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing.

Elin Estanto, Pemilik Bengkel GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan mobil dengan sistem EPS lebih minim perawatan, namun rack steer tidak seawet tipe HPS.

“Pada area pertautan rack dan pinion tipe HPS lebih minim gesekan, dibandingkan yang EPS, hal ini bisa terjadi lantaran beban beratnya diambil alih oleh tabung fluida dan piston pada poros rack,” ucap Elin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara pada sistem EPS, menurut Elin, gaya gesek di area pertautan rack dan pinion cukup besar. Sehingga, komponen ini lebih cepat aus.

“Persinggungan rack dan pinion pada HPS hanya sebagai penentu arah, bukan menjadi area penerima beban sehingga gaya geseknya lebih kecil,” ucap Elin.

Selain area persinggungan rack dan pinion, menurut Elin, sistem HPS juga baik dalam meredam getaran dari permukaan jalan sehingga lebih jarang menimbulkan bunyi atau mengalami oblak.

“Adanya oli yang mengelilingi poros rack dan beberapa seal membuatnya lebih baik meredam getaran, maka dari itu tidak masalah kualitas bushingnya dibikin lebih keras dan awet,” ucap Elin.

Berbeda dengan sistem EPS, Elin mengatakan, seiring pemakaian bushing pada EPS bisa menjadi gepeng, sehingga poros rack tidak terikat dengan sempurna.

Namun, menurut Elin, mobil dengan sistem HPS membutuhkan perawatan lebih yakni dengan memantau kualitas dan volume minyak power steeringnya.

“Penyakit sistem HPS ada pada selang dan seal, karena bekerja pada tekanan tinggi, maka seiring pemakaian akan mengalami kebocoran, kurangnya volume minyak akan membuat roda kemudi berat,” ucap Elin.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/22/095142315/jangan-salah-beli-avanza-bekas-ada-2-tipe-sistem-kemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke