Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merawat Bodi Motor, Jangan Cuma Siram Pakai Air Saat Kotor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang menandakan motor itu bersih atau tidak adalah bagian bodinya. Bisa dilihat dari motor yang baru keluar dari diler, bodinya masih mulus dan tidak kusam.

Sebagai pemilik kendaraan, tentu ingin terus menjaga motornya tetap bersih selama dimiliki. Kalau bisa, cat yang menempel ke bodi dipertahankan terus warnanya, tidak kusam.

Cuma, ada kebiasaan yang salah dalam menjaga cat motor tetap bagus warnanya. Seperti yang dikatakan Junistian Farhan, pemilik bengkel cat motor Square Project di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Banyak yang beranggapan saat bodi motor itu kotor kena becek atau berdebu, disiram dengan air lalu dilap saja sudah cukup. Padahal itu yang membuat cat motor kusam dan menurun warnanya.

"Sejujurnya itu menyakiti lapisan cat. Apalagi kalau enggak pakai disiram, langsung dilap pakai kanebo atau microfiber," kata Junis kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2024).

Junis menjelaskan, melap bodi motor itu pasti ada gesekan. Tapi karena di bodinya ada debu, bisa menghasilkan baret halus seperti swirl marks.

"Memang tidak kelihatan langsung. Cuma kalau sering, swirl marks menumpuk, itu yang bisa bikin cat kelihatan kusam. Lapisan pernis ketutup baret halus," kata Junis.

Paling benar kalau mau menjaga cat motor tetap baik adalah dengan mencuci dahulu bagian yang mau dibersihkan dengan sabun. Maka debu dan kotoran bisa terangkat oleh sabun, karena disiram saja tidak cukup.

"Paling benar sebelum dilap, dicuci dulu dengan sabun yang pH baik. Pakai yang memang sabun untuk cuci motor," kata Junis.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/02/092200715/merawat-bodi-motor-jangan-cuma-siram-pakai-air-saat-kotor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke