Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Video Mobil Rem Mendadak karena Kelewatan Exit Tol | Cara Memperpanjang STNK atas Nama Orang Lain secara Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol di Indonesia memang digunakan oleh beragam model pengemudi. Salah satu yang berbahaya di jalan tol adalah mereka yang memaksa keluar tol dengan cara manuver dari lajur paling cepat atau melakukan pengereman secara mendadak.

Seperti contoh video yang ditampilkan oleh akun Dashcam Indonesia, Jumat (1/3/2024). Dalam tayangan tersebut terlihat mobil sedan yang melakukan pengereman secara mendadak diduga karena terlewat pintu keluar tol.

Sontak pengemudi yang berada tepat di belakang mobil itu pun langsung mengerem sambil membunyikan klakson panjang. Beruntungnya, kondisi lalu lintas tidak terlalu padat, sehingga kejadian tabrak belakang pun bisa dihindari.

Selain itu, pemilik kendaraan bermotor yang akan melakukan perpanjangan tahunan atau pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa melakukannya secara online.

Dengan begitu, wajib pajak yang STNK-nya masih atas nama orang lain tidak perlu mendatangi Samsat untuk memperpanjang STNK karena bisa menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal).

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 2 Maret 2024:

1. Video Mobil Rem Mendadak karena Kelewatan Exit Tol

“Dia mau keluar, kelewatan, langsung ngerem pelan di jalur tengah,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut. Jika melihat rekaman tersebut, kejadian itu terjadi di ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Sejak tol itu diresmikan memang banyak pengendara yang kebablasan, seharusnya keluar di pintu tol Depok-Antasari, tapi jadi lurus ke arah Cinere.

2. Cara Memperpanjang STNK atas Nama Orang Lain secara Online

Terdapat beberapa tahap untuk memperpanjang STNK tahunan secara online, yakni mendaftar di aplikasi Signal, pengajuan perpanjangan STNK dan pembayaran. Jika sudah selesai, otomatis STNK akan aktif selama satu tahun ke depan.

3.Daya Listrik Rumah Ideal bagi Pemilik Motor dan Mobil Listrik

Konsumen yang baru pertama kali menggunakan kendaraan listrik harus melakukan persiapan di beberapa sektor, khususnya memikirkan soal pengisian daya.

Umumnya semua pabrikan akan membekali kendaraan dengan alat pengisian daya khusus, bisa berupa home charging, battery docking, atau charging adaptor.

4. Ini akibat jika Menahan Gas Mobil Matik di Tanjakan

Penggunaan mobil dengan transmisi matik bisa dikatakan lebih mudah daripada mobil manual karena pengoperasiannya hanya cukup menginjak pedal gas dan rem, tanpa perlu memikirkan perpindahan gigi secara manual.

Meski begitu, ada aturan tertentu yang perlu diperhatikan agar tidak merusak transmisi matik, salah satunya ketika menghadapi kondisi macet di jalan tanjakan.

5. Fitur Andalan Suzuki XL7 Hybrid Alpha yang Tidak Dimiliiki Kompetitor

Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha memiliki kabin yang cukup lapang dan menawarkan posisi berkendara yang nyaman untuk harian.

Fitur yang ditawarkan pun tak kalah canggih dari para kompetitornya. Saat masuk ke dalam kabin sport utility vehicle (SUV) ini, pengendara akan langsung disambut oleh spion tengah yang canggih. Suzuki menyebutnya dengan e-mirror touchscreen.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/03/03/071825415/populer-otomotif-video-mobil-rem-mendadak-karena-kelewatan-exit-tol-cara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke