Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ducati Menentang Hak Konsesi Aprilia dan KTM

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda dan Yamaha mendapatkan status konsesi untuk musim 2024, termasuk Aprilia dan KTM. Ternyata, Ducati mengaku menentang kedua pabrikan Eropa tersebut mendapatkan hak konsesi.

Honda dan Yamaha jauh dari kompetitif selama beberapa musim belakangan ini. Makanya, Dorna Sports memberikan hak konsesi agar kedua pabrikan Jepang ini bisa mengejar ketertinggalan dari rival-rival lainnya.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna mengatakan, Ducati tidak keberatan untuk membantu pabrikan lain agar bisa kompetitif. Asalkan, pabrikan tersebut memang pantas untuk dibantu.

"Kami tidak menentangnya. Faktanya, kami selalu mendukung untuk membantu mereka," ujar Dall'Igna, dikutip dari Crash.net, Sabtu (20/1/2024).

"Dari sudut pandang saya, setiap kali pabrikan mengalami kesulitan, selalu tepat untuk membantu mereka tumbuh, untuk membantu mereka mengejar ketertinggalan dari pabrikan lain yang sudah lebih dulu menang," kata Dall'Igna.

Komentar tersebut ditujukan kepada Honda dan Yamaha, yang keduanya mengalami musim yang sangat sulit di sepanjang 2023. Pada sisi lain, Aprilia dan KTM secara konsisten mampu menantang Ducati.

Aturan konsesi yang baru telah memungkinkan Aprilia dan KTM mendapatkan sedikit keuntungan. Dall'Igna mengatakan bahwa hal ini bukanlah bagian dari rencana.

"Saya sepenuhnya menentang pemberian konsesi kepada Aprilia dan KTM. Untuk yang pertama memenangkan dua balapan, dan yang kedua naik podium di hampir setiap seri di bagian terakhir musim ini. Saya tak mengerti mengapa kami harus memberi mereka kemudahan," ujarnya.

Dall'Igna mengatakan, Ducati terpaksa menerima konsesi tersebut karena berpikir lebih penting untuk menyelamatkan Honda dan Yamaha. Meskipun, tidak puas dengan keuntungan yang didapat oleh Aprilia dan KTM.

"Jika Honda memutuskan untuk keluar dari Kejuaraan Dunia MotoGP, itu akan menjadi masalah bagi semua orang. Untuk membantu Yamaha dan Honda, kami harus menerima konsesi kepada yang lain, itulah yang kami sepakati. Semakin kompetitif merek-merek tersebut, maka MotoGP akan semakin baik," kata Dall'Igna.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/20/114200515/ducati-menentang-hak-konsesi-aprilia-dan-ktm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke