Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Asap Tebal di Jalanan, Jangan Asal Tancap Gas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepulan asap menjadi bahaya yang nyata di jalanan. Misal di 2022 ada tabrakan beruntun di tol Cipali karena asap hasil pembakaran gabah di pinggir jalan.

Jadi bisa dibilang kalau kepulan asap di jalan tadi sangat berbahaya, bisa bikin celaka. Contoh kecil kejadian tersebut ada pada video yang diunggah akun Agoezbandz4 di Instagram.

Pada video tersebut, tampak kepulan asap akibat adanya yang membakar di tepi jalan. Pengendara motor yang juga jadi perekam main lewat saja kepulan tersebut, tidak melihat ternyata motor di depannya malah berhenti, tabrakan tidak bisa dihindari.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kepulan bisa menghilangkan pandangan ke depan pengendara motor untuk sementara, jadi jangan paksa lanjut jalan.

"Untuk mengantisipasi, sebaiknya kurangi kecepatan segera saat melewati jalan yang tidak terlihat bagian depannya. Bahkan sebaiknya berhenti sejenak sebelum lewat kepulan asap, tunggu sampai hilang," ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Menunggu kepulan tadi hilang memang memakan waktu, tapi setidaknya ada waktu saat jalanan di depan terlihat. Jika dirasa aman, baru boleh tancap gas, melewatinya.

"Jangan memaksakan untuk bisa lewat, apalagi jika jalan di depan benar-benar tidak dapat terlihat," ucap Agus.

Kalau memang terpaksa harus lewat saat itu juga, harus pelan-pelan, siap-siap antisipasi objek yang kemungkinan ada di depan. Memang disarankan dari jauh sudah kurangi kecepatan saat melihat kepulan asap di depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/22/172100315/bahaya-asap-tebal-di-jalanan-jangan-asal-tancap-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke