Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Merawat Motor yang Ditinggal Mudik Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan 2023 sudah memasuki pekan ke-2, menandakan masa mudik lebaran tidak akan lama lagi.

Menjelang waktu mudik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon pemudik seperti kelengkapan barang bawaan, kondisi mobil, dan keamanan rumah.

Terkait keamanan rumah, pemudik yang sudah memiliki motor sebaiknya memahami beberapa tips perawatan motor yang hendak ditinggal. Perawatan ini harus sesuai dan tidak boleh asal supaya motor tidak mengalami kerusakan.

Ada asumsi yang tersebar di kalangan pemilik motor, katanya, motor yang akan ditinggal lama sebaiknya dikosongkan tangkinya supaya bensin tidak basi dan dikempiskan bannya. Benarkah demikian?

Heru Prasetyo, Kepala Bengkel AHASS Cisoka menjelaskan, itu adalah asumsi yang keliru dan tidak perlu dilakukan oleh pengguna yang hendak mudik.

“Mudik itu paling cuma sebulan saja kan, tangki bensin enggak perlu dikosongkan. Bensin basi itu terjadi setelah ditinggal lama sekali, enggak akan basi kalau cuma ditinggal mudik,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (31/3/20230.

Terkait perawatan ban, Heru juga mengatakan ban motor tidak perlu dibuang anginnya. Motor cukup menggunakan standar tengah saja.

“Kalau bisa, sebaiknya motor dicuci bersih terlebih dahulu sebelum ditinggal mudik. Tujuannya biar enggak bulukan dan jamuran,” kata Heru

Menurut dia, mencuci motor secara menyeluruh adalah perawatan pra-mudik terbaik saat hendak meninggalkan motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/31/161200815/tips-merawat-motor-yang-ditinggal-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke