Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Beli Helm, Baiknya Dicoba Langsung biar Pas dengan Kepala

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pengendara motor, wajib hukumnya mengenakan helm saat berkendara. Helm merupakan peranti keselamatan yang bisa melindungi kepala saat terlibat kecelakaan.

Bagi pengendara pemula, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum memilih helm untuk digunakan harian. Memilih helm yang tepat selain melindungi, bisa juga membuat pemakainya nyaman.

Ahmad M., Pegiat Komunitas Belajar Helm mengatakan, tips pertama untuk membeli helm bagi pemula adalah datangi toko helm secara langsung.

"Lebih baik datang langsung ke toko helm (daripada beli online). Biar tahu kebesaran atau enggak," ucap Ahmad kepada Kompas.com, Selasa (24/1/2023).

Ukuran helm sangat penting untuk kenyamanan pengendara. Jika kebesaran, maka helm kurang melindungi kepala, kalau terlalu sempit bisa bikin pusing kepala dan tidak nyaman.

"Kalau beli full face, pilih yang sesuai dengan ukuran kepala, jangan kekecilan atau kebesaran karena bisa ganggu konsentrasi pengendara," ucap Ahmad.

Mengenai mana yang paling aman, Ahmad menjelaskan kalau full face bisa dibilang lebih tertutup daripada yang half face. Tapi helm zaman sekarang sudah banyak pilihan modelnya, tergantung selera.

"Bentuk sekarang sudah banyak. Range harga untuk half face mulai dari Rp 500.000-an tergolong nyaman dipakai buat harian. Begitu pun helm full face, start dari RP 600.000-an sampai jutaan rupiah," ucap Ahmad.

Rentang harga di atas sebenarnya cuma ilustrasi, agar bisa memilih helm yang berkualitas atau tidak. Kalau mencari helm dengan harga yang lebih murah, khawatir kualitasnya kurang baik.

"Kalau harga murah jelas kualitasnya meragukan. Jika benturan kena kepala, risiko langsung terkena gegar otak ringan tinggi," ucap Ahmad.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/24/180100215/mau-beli-helm-baiknya-dicoba-langsung-biar-pas-dengan-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke