Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ken Block Bukan yang Paling Jago, tapi Paling Menghibur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pereli nasional Rifat Sungkar mengenang mendiang Ken Block sebagai sosok yang mampu membuka mata dunia, lewat aksinya dan mengangkat dunia balap mobil jadi tontonan menarik.

Seperti diketahui Ken Block meninggal dunia karena kecelakaan snowmobile. Pemilik merek Hoonigan itu memberikan warisan kepada dunia mengenai dunia balap reli, drifting, gymkhana dan extreme sport.

Rifat sendiri pernah beberapa kali balapan dengan Ken Block salah satunya di WRC 2012 dan di Rally America 2013. Menurut Rifat, Ken Block bisa sangat terkenal karena paham strategi komunikasi dan marketing.

"Ken Block inspirasi di dunia motorsport. Sebetulnya kita semua di cabang olahraga masing-masing merupakan orang yang sangat idealis dan selalu bangga dengan prestasi dengan yang kita dapat," ungkap Rifat kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2022).

"Sejak Ken Block datang dia seperti membuka mata, ternyata yang dibutuhkan dunia ini ialah bagaimana mendapatkan informasi yang menarik, visualiasi yang seru dan desain serta delivery yang out the box," kata dia.

Rifat menerangkan, dalam video-video yang diunggahnya, Ken Block berhasil mengabungkan beberapa elemen di dunia balap mobil.

"Dia bisa menggabungkan kebudayaan yang ada, dia itu anak street dan desainnya datang dari street art, mirip seperti anak motocross cuma motocross balap juga. Tapi dia street art di dunia mobil," kata Rifat.

"Kedua dengan video yang dia keluarkan, dia bisa menampilkan seolah (dia yang) paling jago di dunia, padahal itu adalah visuaslisasi editing yang memang membutuhkan tim yang besar, sehingga yang dia lakukan luar biasa," kata dia.

"Sebagian orang melihat dia cuma show (tidak jago balapan), tapi dia bisa memperlihatkan dunia bahwa motorsport yang berbeda dan disukai masyakarat," kata Rifat.

Juara Nasional Reli 8 kali itu mengatakan, Ken Block seolah jadi barometer baru dan diperhatikan oleh banyak orang. Arus informasinya menembus banyak kalangan.

"Yang saya sangat salut ialah vidionya dia itu iklan. Di dunia marketing itu luar biasa, kalau kita dikasih iklan selalu diskip, tapi video ini kita mau nonton iklan sampai 10 menit kita cari dan nikmati sampai 15 menit. Itu seperti suatu evolusi baru di dunia periklanan," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/04/134100815/ken-block-bukan-yang-paling-jago-tapi-paling-menghibur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke