Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modal Segini Bisa Ubah Mobil Transmisi Manual Jadi Matik

SOLO, KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil matik lebih mudah dioperasikan daripada mobil manual. Hal ini disebabkan mobil matik tidak lagu perlu memainkan kopling secara manual.

Cukup mengandalkan pedal gas, rem, dan tuas transmisi, maka mobil sudah bisa melaju. Sehingga, instrumen yang perlu diperhatikan oleh pengemudi pemula lebih sedikit. Oleh karena itu mobil matik dikatakan lebih mudah dioperasikan.

Rupanya, hal itu disepakati oleh beberapa masyarakat karena kini justru muncul anggapan mobil matik identik dengan perempuan. Katanya, perempuan lebih cocok menggunakan mobil matik.

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan beberapa pemilik mobil meminta kepadanya untuk mengubah mobil manual menjadi mobil matik karena mobil tersebut ingin digunakan oleh istrinya.

“Padahal akan lebih sederhana bila istri dibelikan mobil matik lainnya, tapi berhubung mobil tersebut memiliki sejarah, mobil yang banyak diburu juga, akhirnya pemilik mobil memutuskan untuk mengubah transmisinya,” ucap Rio kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan pengubahan transmisi manual menjadi matik bisa dilakukan dengan mengganti transmisi satu set.

“Memodifikasi mobil manual menjadi matik bila dilakukan dengan mengganti transmisi satu set, lengkap dengan tuas transmisinya, ECU-nya, dudukan transmisinya dan uabahan kecil lainnya,” ucap Rio.

Dia mengatakan biasanya dalam satu jenis merek mobil ada versi manual dan matiknya sehingga itu mempermudah proses modifikasi.

“Transmisi yang nantinya dipasang adalah transmisi matik copotan, yang digunakan pada jenis mobil yang sama, itu akan mempermudah proses modifikasi dengan hasil yang lebih rapi,” ucap Rio.

Ada pun biaya modifikasi tersebut menurut Rio cukup terjangkau, tidak lebih mahal dari satu buah sepeda motor baru.

“Biayanya sendiri cukup terjangkau, tergantung dari jenis mobilnya, sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 jutaan, pemilik mobil tinggal terima beres,” ucap Rio.

Jadi, mobil manual bisa diubah menjadi mobil matik dengan melakukan penggantian transmisi dan penyesuaian.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/30/101200815/modal-segini-bisa-ubah-mobil-transmisi-manual-jadi-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke