Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki V-Strom 800DE Meluncur, Jadi Pesaing Honda Transalp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran EICMA 2022 menjadi ajang bagi produsen roda untuk meluncurkan produk terbarunya. Seperti Suzuki yang turut menampilkan motor petualang terbaru, V-Strom 800DE.

Dilansir dari Paultan (13/11/2022), Suzuki V-Strom 800DE masih mempertahankan tampilan V-Strom yang asli, namun dengan kenyamanan lebih baik, serta fitur yang lebih modern.

Termasuk desain lampu depan LED berjenjang pada bagian fascia yang memberikan kesan gagah pada motor ini.

Meski begitu, fokus dari 800DE adalah mesinnya yang serba baru. Di mana terdapat mesin twin parallel berkapasitas 776 cc dengan poros engkol 270 derajat dan bobot seimbang.

Artinya, dari spek mesinnya motor ini bakal jadi pesaing serius Honda XL750 Transalp berkapasitas 755 cc, yang juga meluncur pada ajang yang sama.

Ketika kehadirannya diumumkan di EICMA, Suzuki belum mengungkap perihal tenaga mesin yang disalurkan melalui girboks enam percepatan yang dilengkapi dengan Suzuki Clutch Assist System (SCAS).

Sementara itu, terdapat juga empat mode berkendara, mulai dari Active, Basic, Comfort, dan Gravel, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Pada mode A atau Active merupakan penyaluran tenaga paling agresif. Sementara mode C atau Comfort respons gas sedikit dikurangi. Sedangkan pada mode Gravel memungkinkan ban belakang berputar tanpa daya terputus.

Kemudian, 800DE juga dilengkapi dengan Suzuki Traction Control System (STCS), dengan empat level yang dapat dipilih pengendara.

Kontrol traksi dapat dimatikan jika pengendara menginginkannya dan ABS roda dua dapat diatur ke mode roda depan saja.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, Showa memasok suspensi upside down 220 mm di depan dan sokbreker monoshock dengan setelan preload yang memiliki reservoir gas.

Adapun dengan ground clearance 220 mm dan jarak tinggi duduk pengendara 855 mm, motor ini memang masih sangat cocok dipakai buat medan offroad.

Bicara soal fitur, terdapat layar TFT-LCD 5 inci serta quickshifter sebagai perlengkapan standar. Tak ketinggalan soket USB yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone.

Secara bobot, 800DE memiliki berat 230 kg, dan tangki bahan bakarnya berkapasitas 20 liter. Motor ini turut dilengkapi dengan bagasi terpasang, penghangat tangan, lampu kabut, standar tengah dan pelindung mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/14/080200415/suzuki-v-strom-800de-meluncur-jadi-pesaing-honda-transalp

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.