Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Iklan Jadul Pertamina Sindir Orang Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin

Salah satu iklan di dunia otomotif yang cukup berkesan ialah iklan televisi Pertamina pada 2007. Iklan tersebut ingin menunjukkan bahwa Pertamina semakin matang dan punya orientasi memuaskan publik.

Iklan tersebut diposting ulang oleh akun TikTok JazzyBire belum lama ini. Iklan memperlihatkan bapak dan anak yang ingin mengisi bensin di SPBU Pertamina.

Menggoyang-goyangkan mobil saat isi bensin merupakan trik kuno yang masih sering dilakukan sebagian orang. Dengan menggoyangkan mobil, diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi bensin.

Padahal trik seperti itu berpengaruh karena tidak sesuai dengan hukum fisika. Sebab BBM merupakan benda cair yang secara otomatis akan mengisi setiap celah kosong dalam wadahnya yang dalam hal ini tangki BBM.

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin menjelaskan, menggoyang-goyangkan mobil saat pengisian BBM justru meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara nozel dengan lubang BBM.

“Ujung nozel terbuat dari besi atau baja, dikhawatirkan kalau digoyang-goyangkan justru akan terjadi gesekan. Sebab, pada lubang tutup tangki di ujungnya kan juga berbahan pelat,” ujar Paimin saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Paimim mengatakan, gesekan sekecil apa pun bisa memicu listrik statis. Jika terjadi listrik statis maka dapat memicu timbulnya api, yang merupakan hal paling dihindari selama berada di SPBU.

“Ditakutkan terjadi listrik statis tadi. Karena itu, dalam mengisi bensin biasanya kita angkat sendiri nozelnya, jadi tidak menyentuh langsung atau istilahnya tidak ada bonding pada nozel dengan lubang tangki," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/23/102044215/iklan-jadul-pertamina-sindir-orang-goyangkan-mobil-saat-isi-bensin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke