Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat dari Dekat Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencuri perhatian pengunjung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Daihatsu memamerkan mobil listrik konsep Ayla EV.

Dari segi eksterior, mobil berukuran kompak ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Ayla yang menggunakan mesin konvensional.

Bodinya menggunakan warna dual tone. Untuk pilar dan atapnya dikelir hitam. Sedangkan bodi ke bawah, tidak dicat atau finishing mentah dengan warna silver dof. Eksteriornya dihiasi juga dengan striping kuning di beberapa bagian.

Namun, ubahan paling jelas ada pada grille depan, di mana bagian ini tertutup semua alias tidak ada lubang kisi-kisi udara. Bentuk lampu depan juga masih sama, hanya dibuat lebih gelap dengan kaca model smoke.

Beralih ke bagian samping, spion Ayla EV sudah mengandalkan kamera. Sayangnya, regulasi di Indonesia belum menjelaskan hal tersebut.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 37, kaca spion pada kendaraan harus memenuhi dua syarat, yaitu berjumlah dua buah atau lebih dan dibuat dari kaca atau bahan lain, yang dipasang pada posisi yang dapat memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat.

Pada buritannya, lampu belakang memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Bagian bawahnya menyambung sedikit hingga pintu belakang. Bumper belakang juga memiliki lekuk yang berbeda.

Masuk ke bagian dalam, di ujung dasbor kanan dan kiri terdapat layar kecil yang menampilkan gambar dari kamera spion.

Pada konsol tengah, terdapat layar head unit. Lalu, turun ke bawah lagi, terdapat kenop untuk mengganti transmisi, yakni R, N, dan D. Namun, rem tangannya masih manual, masih perlu ditarik menggunakan tenaga untuk mengoperasikannya.

Belum ada detail lebih jauh mengenai mobil listrik ini, seperti jenis baterainya, kapasitas baterai, tenaga yang dihasilkan, jarak tempuh, dan lainnya.


Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengatakan, untuk GIIAS 2022, Daihatsu membawa mobil konsep.

"Prinsipnya adalah kendaraan ini dikembangkan oleh kita sendiri dan yang terpenting adalah bagaimana supply chain kita melibatkan industri lokal dan UMKM," ujar Agung, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Agung menambahkan, terdapat lebih dari 1.000 supplier, termasuk di dalamnya ada 400 UMKM. Semuanya berkontribusi dalam pembuatan mobil konsep ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/11/154250315/lihat-dari-dekat-mobil-listrik-daihatsu-ayla-ev-di-giias-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke