Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produksi i3 Resmi Berhenti, BMW Luncurkan Edisi Terakhir

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW i3 segera disuntik mati. Namun, BMW punya cara unik sebelum menghentikan permanen produksi mobil listrik tersebut.

Pada tahun 2011, BMW meluncurkan proyek kendaraan listrik bernama Project i dan lahirlah i8 dan i3. Untuk i8, produksinya sudah dihentikan sejak 2020. Tahun ini giliran i3 yang stop produksi.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (1/7/2022), BMW tidak langsung begitu saja menghentikan produksi i3. Tapi, pabrikan asal Jerman ini mengeluarkan edisi khusus yang terakhir untuk i3.

Edisi khusus tersebut diberi nama HomeRun Edition. Jumlahnya juga sangat terbatas, hanya 10 unit di dunia. Tentunya, banyak bagian yang dibuat berbeda dari versi standarnya.

Untuk eksterior, mobil ramah lingkungan ini menggunakan dua warna pilihan BMW Individual Frozen, yakni Frozen Dark Grey dan Frozen Red II.

Selain itu, i3 HomeRun Edition juga dibekali dengan pelek berukuran 20 inci, lampu depan adaptif, electric glass roof, dan lainnya. Sedangkan pada bagian interiornya, i3 edisi terbatas mendapatkan material kulit dan sistem pengeras suara Harman Kardon.

Sejak diluncurkan, i3 sudah terjual sebanyak 250.000 unit di dunia, termasuk nantinya dengan HomeRun Edition. Mobil ini hanya bertahan satu generasi.

Meskipun mobil listrik ini disuntik mati, tapi pabrik BMW di Leipzig, Jerman, akan tetap beroperasi. Sebagai gantinya, pabrik ini akan memproduksi generasi berikutnya dari Mini Countryman versi elektrik dan perakitan komponen e-drive serta baterai.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/01/082200715/produksi-i3-resmi-berhenti-bmw-luncurkan-edisi-terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke