Salin Artikel

Mesin Diesel Modern Masih Perlu Lakukan Ritual Memanaskan Mesin?

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak hanya beda bahan bakar, dari sisi perawatan, mobil dengan mesin diesel juga punya perlakuan yang tak bisa disamakan. 

Paling sederhana soal memanaskan mesin sebelum digunakan beraktivitas. Umumnya hal ini menjadi ritual wajib yang dilakukan mobil bermesin diesel.. 

Selain itu, beda yang paling dasar adalah sistem pengapian mesin diesel yang tak menggunakan busi seperti mobil bensin. Sebagai gantinya, jenis mesin diesel menggunakan glow plug atau biasa dikenal busi pemanas.

Komponen ini berfungsi mengubah aliran listrik hasil transfer komponen kelistrikan menghasilkan energi panas. Jadi jika mesin sudah mencapai idle, secara otomatis meningkatkan kompresi ruang bakar. 

Bahan bakar solar adalah jenis bahan bakar dengan titik didih yang rendah. Sehingga, untuk bekerja pada performa maksimal awalnya bermula dari proses pengabutan nozzle sebelum masuk ke ruang bakar. 

Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jenis bahan bakar solar memiliki titik didih yang rendah.

Artinya, jika proses pembakaran bekerja saat nozzle menyemburkan bahan bakar, komponen busi pijar mentransfer energi panas untuk di konversi jadi kompresi. 

"Saat mesin nyala, dalam kondisi idle sekitar 1-5 menit glow plug bertugas mengubah percikan bahan bakar menjadi energi panas," kata dia kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022). 

Jadi, kata dia, jika dibandingkan mobil mesin diesel keluaran lama, sebelum membawa kendaraan, pada jenis mesin diesel konvensional memerlukan jeda waktu tunggu guna memastikan mekanisme transfer energi panas. 

“Pada saat mesin dinyalakan diperlukan glow plug (busi pijar) untuk memanaskan ruang bakar dengan begitu solar akan lebih mudah terbakar. Memanaskan mobil dibutuhkan waktu beberapa lama untuk memanaskan glow plug sebelum distarter,” ujarnya. 

Meski begitu, proses pemanasan mesin lanjut Didi, hanya perlu dilakukan dalam durasi singkat. Itu pun fungsinya sebenarnya untuk menyeimbangkan lubrikasi sejumlah komponen mesin. 

“Kalau untuk mobil diesel keluaran terbaru tidak perlu dilakukan pemanasan, begitu distarter bisa langsung menyala. Kalau mobil yang lama pemanasan mesin kira-kira dua sampai lima menit,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/13/193100215/mesin-diesel-modern-masih-perlu-lakukan-ritual-memanaskan-mesin-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.