Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Pertama Ganjil Genap di Tol Japek, Banyak Pengendara yang Bingung

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil evaluasi, penerapan uji coba ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada hari pertama (25/4/2022), rupanya belum terlalu mulus.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi, masih banyak masyarakat pengguna jalan yang belum mengetahui adanya uji coba ganjil genap sebagai upaya penanganan lalu lintas saat arus mudik Lebaran.

"Jadi ganjil genap kemarin ada dua hal penting yang dicatat, pertama masyarakat masih banyak yang belum tahu," kata Firman, disitat dari Megapolitan Kompas, Selasa (26/4/2022).

Perlambatan juga terjadi pada ruas jalan tol yang digunakan untuk mengeluarkan mobil yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal menuju jalan arteri.

Menurut Firman, hal tersebut terjadi imbas banyak pengendara yang bingung dan melajukan mobil dengan kecepatan rendah ketika diarahkan petugas.

"Kemarin memang sempat ada perlambatan di tempat-tempat akan dilakukan kegiatan manuver. Karena sifatnya ganjil genap, orang bingung ganjil genap," ucap Firman.

Seperti diketahui, kepolisian melakukan penyaringan mobil dengan pelat ganjil genap di dua lokasi, yakni pada Km 10 dan Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Cikampek.

Pada KM 10, mobil yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal akan diarahkan menggunakan lajur bawah.

Sementara di Km 47, bila tak sesuai maka mobil akan langsung dikelurkan via Gerbang Tol Karawang Barat untuk melanjutkan ke jalan arteri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/26/123100015/hari-pertama-ganjil-genap-di-tol-japek-banyak-pengendara-yang-bingung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke