Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tim Redaksi Media Disabilitas Kita Bijak di IIMS 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 masih berlangsung hingga 10 April 2022 mendatang.

Ternyata, pameran ini juga turut diramaikan oleh beberapa pengunjung disabilitas yang melakukan tur keliling pameran. Para rombongan ini akan didampingi oleh media disabilitas, Kami Bijak.

Kegiatan tur spesial di IIMS Hybrid 2022 ini dimulai sejak 4 April 2022, dari pukul 13:00 hingga 15:00 WIB. Kegiatan ini berlangsung hanya sampai hari ini, Rabu (6/4/2022).

Irene Nathania Setyanto selaku Marketing Communication Kami Bijak menjelaskan, tur keliling ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap pameran IIMS diadakan.

"Karena kita media partner. Jadi di setiap IIMS, kita ikut," ucap Irene saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Hadir bersama dengan tim redaksi Kita Bijak, adalah reporter penyandang disabilitas di Kami Bijak, Aryani Bunawan. Ia menjadi salah satu reporter Kami Bijak yang rutin meliput pameran otomotif ini.

Menggunakan bahasa isyarat, dan diterjemahkan oleh Irene, Aryani menjelaskan proses peliputan yang dilakukan oleh tim redaksi di pameran ini.

"Yang pertama, ada tugas liputan, nanti dari marcomm menginfokan. Dikasih tahu, ada acara IIMS. Lalu datang, terus pertama kita pasti bikin opening dulu, shooting opening," jelas Aryani seperti diterjemahkan Irene, pada Kompas.com.

Kemudian, saat opening pastinya akan ada orang-orang penting yang turut hadir. Aryani menjelaskan, ia juga akan mewawancarai tokoh penting tersebut. Setelah itu, tim redaksi akan melakukan shooting dengan mengambil stock shoot keadaan di pameran.

"Semuanya bentuk video, habis itu closing," jelas Aryani.

Setelah melakukan peliputan, ada tur keliling pameran di mana tim berkeliling area pameran bersama dengan kaum disabilitas, baik yang merupakan anggota komunitas maupun yang mendaftar untuk ikut.

Aryani mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala berarti yang dialami.Pasalnya, area pameran sudah cukup ramah untuk kaum disabilitas.

"Ada full access, didampingi sama pihak IIMS. Terus dibantu JBI (Juru Bahasa Isyarat) juga. Ada volunteer juga, bantu dorong (kursi roda anggota tur keliling pameran)," ucap dia.

Sebagai informasi, pameran ini masih berlangsung hingga 10 April 2022 mendatang. Tiket bisa dibeli melalui Tokopedia dan situs resmi Dyandra, seharga Rp 50.000 untuk weekdays. dan Rp 70.000 untuk weekend. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/06/134239315/mengenal-tim-redaksi-media-disabilitas-kita-bijak-di-iims-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke