Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dashcam yang Bisa Pantau dan Peringati Pengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang IIMS 2022, sejumlah merek aftermarket ikut meramaikan gelaran tahunan ini. Termasuk Blackvue, produsen dashcam atau kamera dasbor yang mengeluarkan produk terbaru dengan fungsi kecerdasan buatan.

"Berbeda dari produk lainnya, dashcam ini mampu untuk memantau pengemudi dan memberikan peringatan ketika pengemudi mulai mengantuk atau tidak fokus," ujar Rudy Ham, Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue, dalam keterangan tertulis (5/4/2022).

Menurut Rudy, teknologi ini sangat penting karena biasanya dashcam hanya digunakan sebagai alat bukti jika terjadi suatu kejadian, tapi dengan teknologi DMS (driver monitoring system), maka kejadian itu bisa dicegah sebelum terjadi.

Seperti diketahui, berdasarkan data Komite National Keselamatan Transportasi (KNKT), sekitar 80 persen kecelakaan di tol akibat mengantuk dan letih.

Berdasarkan data dari pengelola jalan tol, sebesar 52 persen terjadi akibat kurang antisipasi (tidak fokus, tidak jaga jarak dan overspeeding), sementara faktor pengemudi mengantuk sebesar 45 persen.

Dengan inovasi terbarunya, Blackvue akhirnya meluncurkan Produk terbarunya DR750X-3CH DMS Plus untuk mengatasi permasalah kecelakaan di jalanan.

Selain memiliki fungsi untuk memberikan peringatan saat pengemudi ngantuk dan tidak fokus, blackvue juga memiliki fitur-fitur lain seperti memberi peringatan ketika terjadi overspeeding, melakukan manuver tajam, rem mendadak dan akselerasi tiba-tiba.

“Dengan teknologi terbaru ini, diharapkan pengguna Blackvue bukan hanya mendapatkan bukti jika terjadi kejadian, namun juga bisa dilakukan pencegahan dan selalu selamat di perjalanan,” ucap Rudy.

DR750X-3CH DMS Plus adalah dashcam tiga channel dengan konektifitas Cloud, kedua kamera depan dan belakang menggunakan lensa Sony Starvis untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik dikondisi cahaya apapun, baik terang maupun gelap.

Kamera monitor-pengemudi merekam dan mendeteksi tanda-tanda mengantuk atau tidak konsentrasi dalam mengemudi dan mengingatkan Anda saat itu juga, dilengkapi dengan infrared LED untuk pemantauan siang dan malam.

Dashcam tersembunyi ini juga dilengkapi dengan built in GPS untuk merekam kecepatan mobil dan menyimpan lokasi mobil, Wi-Fi dan Parking mode bawaan melalui pemasangan kabel yang sudah disertakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/06/111200415/dashcam-yang-bisa-pantau-dan-peringati-pengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke