Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Repsol Honda Cari Tahu Penyebab Kecelakaan Marquez di MotoGP Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan yang cukup fatal pada sesi pemanasan MotoGP Indonesia yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022).

Marquez diketahui mengalami high side di tikungan tujuh. Insiden tersebut membuat motor dan tubuh Marquez terpental ke udara, hingga dirinya berujung terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal.

Akibat insiden tersebut, Marquez tidak bisa mengikuti balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya kecelakaan fatal itu, Marquez juga sempat mengalami kecelakaan sebanyak 3 kali. Yakni pada sesi latihan bebas kedua (FP2) Jumat (18/3/2022) dan sesi kualifikasi pertama (Q1), Sabtu (19/3/2022).

Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengatakan, belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab Marquez terjatuh sampai 4 kali di lintasan Sirkuit Mandalika.

Dugaan sementara Puig, bahwa kecelakaan Marquez ada sangkut pautnya dengan ban produksi Michelin.

Michelin membawa ban belakang dengan konstruksi yang lebih kaku untuk memerangi panas ekstrem di Indonesia. Namun, hal tersebut justru menyebabkan Honda dilanda masalah pada grip belakang.

“Jujur saja kami perlu menganalisa. Mereka (Michelin) membawa ban yang berbeda dan kami harus memahami segalanya, dan pada saat ini sulit. Pebalap kami jatuh dan kami ingin memahaminya, jadi saya rasa saya tidak bisa memberi Anda info yang tepat,” katanya.

“Akhirnya, dia (Marquez) mengalami kecelakaan besar dan kami memutuskan untuk tidak membawanya ke trek karena mengalami gegar otak,” lanjut Puig.

Saat ini Marc Marquez untuk menempati peringkat ke 11 klasemen sementara MotoGP 2022. Jumlah poin itu didapat Marquez setelah finis kelima pada seri perdana MotoGP Qatar 6 Maret 2022.

Seri selanjutnya akan digelar di Argentina, tepatnya di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 2 sampai 4 April mendatang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/22/071200615/repsol-honda-cari-tahu-penyebab-kecelakaan-marquez-di-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke