Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menakar BBM Toyota All New Avanza FWD ke Luar Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain merasakan sensasi berkendara dan performa Toyota All New Avanza ke luar kota, redaksi juga mencoba menakar konsumsi bahan bakar melalui data multi information display (MID).

Total perjalanan bolak-balik dari Jakarta-Purwakarta-Jakarta, menempuh jarak kurang lebih 215,9 kilometer (Km) dengan rute perkotaan dan jalan tol.

Selama perjalanan, redaksi cenderung menerapkan gaya berkendara kombinasi, yakni mengemudi normal dan sedikit agresif.

Ketika ingin merasakan tenaga pada putaran atas dari mesin 1.500 cc yang sudah dibekali transmisi CVT 7 percepatan, atau saat akan menyalip kendaraan lain di depan, otomatis pedal gas di tekan lebih dalam.

Total, kurang lebih perjalanan ditempuh dalam waktu 4 jam. Sementara untuk kondisi jalan cenderung ramai lancar ketika di tol, serta medan rusak juga tanjakan landai yang panjang setibanya di Jatiluhur.

Dari hasil uji singkat tersebut, berdasarkan capaian di MID, All New Avanza dengan penggerak depan mencatatan konsumsi rata-rata 16,1 kpl. Artinya, dalam kondisi ini 1 liter bensin mampu digunakan untuk menempuh 16 km.

Angka BBM tersebut merupakan akumulasi selama perjalanan, sementara ketika melintas di jalan tol dan berkendara konstan pada kecepatan 80-90 kpj, MPV murah ini sempat menorehkan catatan konsumsi hingga 17,6 kpl.

Seperti diketahui, ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM pada mobil. Selain gaya berkendara, dan jenis BBM yang digunakan, medan yang ditempuh serta kondisi mobil juga ikut menentukan.

Karena itu, terlepas dari perhitungan layar MID akurat atau tidak, namun setidaknya dari hasil pengetesan singkat sudah ada gambaran estimasi BBM Avanza baru yang kini telah ganti haluan menggunakan pengerak roda depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/31/143100915/menakar-bbm-toyota-all-new-avanza-fwd-ke-luar-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke