Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tujuan Penambahan Fasilitas Pendukung di Terminal

SOLO, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan gebrakan pada terminal bus tipe A dengan melakukan revitalisasi dan penambahan fasilitas pendukung.

Salah satu terminal yang sudah siap memberikan berbagai fasilitas pendukung tersebut adalah Terminal Tirtonadi, Solo. Bukan cuma sebagai lokasi menaikturunkan penumpang bus saja, kini terminal tersebut memiliki sejumlah layanan pendukung.

Mulai fasilitas pelayanan kesehatan, hingga aula pertemuan dan gedung olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Tengah dan DIY Eko Agus Susanto menuturkan, penambahan fasilitas-fasilitas pelayanan masyarakat dinilai perlu dilakukan di terminal bus.

"Kami yang ada di Terminal Tirtonadi harus menangkap potensi sebagai peluang meramaikan terminal. Karena terminal kalau sekarang hanya mengandalkan dari sisi transportasinya saja sangat tidak maksimal," ucap Eko kepada Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Bukan hanya di Tirtonadi, Eko juga menyebutkan terminal lainnya seperti Mangkang di Kota Semarang yang tengah menyiapkan mal pelayanan publik sebagai fasilitas pendukungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Terminal Tirtonadi Joko Sutrisno mengatakan, penambahan berbagai fasilitas dan pelayanan di luar bidang transportasi bertujuan untuk meramaikan terminal.

"Dulu zamannya orang-orang yang mencari bus sebagai sarana transportasi. Tapi malah sekarang bus yang mencari orang untuk jadi penumpang. Nah kita ingin mengembalikan masa tersebut di mana terminal bisa selalu ramai dan kegiatan terus ada," ucapnya.

"Tidak perlu khawatir akan ada bias di masyarakat yang menganggap akan ada pergeseran fungsi pada terminal. Justru dengan berbagai pelayanan, fasilitas, dan kegiatan tersebut, harapannya masyarakat mendatangi terminal sekaligus memanfaatkan transportasi umum," kata Joko.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/28/121200515/ini-tujuan-penambahan-fasilitas-pendukung-di-terminal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke