Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tes Pramusim MotoGP 2022 Dimulai Bulan Depan, Apa Fungsinya?

JAKARTA, KOMPAS.com – Jadwal tes pramusim MotoGP 2022 digelar mulai Sabtu (5/2/2022) di Sirkuit Sepang, Malaysia. Selanjutnya, tes pramusim berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 11 Februari 2022.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso, mengatakan, tes pramusim senantiasa dinantikan para pebalap.

Sebab, selain karena menjadi ajang bagi para pebalap untuk menjajal dan membiasakan dengan kondisi lintasan sirkuit, tes pramusim juga berguna untuk menentukan pemilihan ban yang akan dipergunakan.

Pada tes pramusim itu, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan.

Tujuannya agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi para pebalap yang akan berlaga pada MotoGP 2022.

“Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” ujar Piero, dalam keterangan resmi (27/1/2022).

Pada sesi uji di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari para tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua.

Ban merupakan elemen vital dalam ajang adu balap, termasuk MotoGP. Ketepatan pemilihan ban dengan performa terbaik untuk lintasan sirkuit tertentu, bisa menjadi penentu kemenangan.

Piero menjelaskan ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan oleh departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport.

Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun yang berbeda dengan ban-ban yang digunakan untuk kompetisi yang lain.

“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain,” ucap Piero.

“Sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrim di lintasan,” kata dia.

Ia menambahkan dalam proses uji pramusim di sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lainnya, ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick (gundul/rata) yang akan dicoba yaitu tipe soft, medium dan hard.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/27/152100315/tes-pramusim-motogp-2022-dimulai-bulan-depan-apa-fungsinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke