Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Primadona asal Sulawesi memang terkenal akan armadanya yang premium. Bahkan PO ini punya beberapa bus tingkat buatan Karoseri New Armada asal Magelang.

Pada Rabu (12/1/2022), PO Primadona menambah armada bus tingkat dari Karoseri New Armada. Kali ini, bus baru tersebut menggunakan model Skylander Double Decker dengan fitur sleeper di bagian dek bawah.

Lilik Prasetyawan, Business Advisor & Sales Karoseri New Armada menjelaskan, bus tingkat terbaru PO Primadona ini dipasang ke sasis Mercedes Benz 2542.

“Sebenarnya bus sudah jadi dari 2019, tapi diundur, kemungkinan karena Covid,” ucap Lilik kepada Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Layaknya bus PO Primadona lainnya, bus berkelir kuning ini juga memakai livery bertema binatang. Untuk model terbaru kali ini, livery burung Cendrawasih dipasang pada bagian samping belakang bus.

Soal desain eksterior, Skylander Double Decker ini bisa dibilang paling tegas bentuknya. Lihat saja di bagian depan, model lampunya unik memberi kesan yang galak.

Begitu juga di kaca depan, tidak ada bando layaknya bus tingkat buatan karoseri lainnya. Tidak hadirnya bando pada bus buatan Karoseri New Armada membuat tampilannya elegan, kaca depan terasa besar tanpa adanya sekat pemisah.

Masuk ke bagian kabin, terdapat tiga model bangku pada bus sepanjang 13,5 meter ini. Di dek bawah, ada dua bangku sleeper dan di belakangnya ada bangku dengan susunan 2-1 yang dilengkapi leg rest.

Bus tingkat yang akan beroperasi di tanah Sulawesi ini juga tidak dilengkapi dengan toilet. Prasetya mengatakan, pemesan bus menjelaskan kalau di jalanan sudah banyak rest area, jadi toilet tidak diperlukan di kabin bus.

“Fiturnya untuk sleeper ada TV dan colokan USB, selain itu juga ada tombol untuk lampu. Di belakangnya ada juga TV untuk penumpang yang duduk di bangku 2-1,” ucap Prasetya.

Beralih ke kabin atas, terdapat bangku yang disusun 2-2 dengan leg rest. Semua bangku yang ada di bus ini menggunakan bahan beludru yang nyaman sehingga penumpang semakin betah untuk duduk di kabinnya.

Selain itu, jika diperhatikan pada kaca samping atas, terdapat dua jendela geser yang ada di setiap sisinya. Prasetya mengatakan, walaupun bus sudah menggunakan AC, jendela geser tadi bisa berfungsi untuk sirkulasi udara di kabin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/150707915/bus-tingkat-po-primadona-akhirnya-rilis-dari-karoseri-new-armada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke