Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Banyak Pengemudi Mobil yang Nyeker Saat Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil merupakan kegiatan yang lazim dilakukan. Namun, jika tidak sesuai dengan standar keselamatan tentu akan berbahaya bagi pengemudi.

Salah satu kebiasaan yang tidak sesuai standar keselamatan dan kerap dilakukan pengemudi adalah berkendara tanpa alas kaki alias nyeker.

Training Direction The Real Driving Cener (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ketika menyetir pengemudi wajib menggunakan alas kaki.

“Menyetir wajib gunakan sepatu atau sandal yang terikat dengan baik, bukan sandal jepit. Hal ini dikarenakan saat mengemudi, kaki perlu grip yang baik dengan pedal yang ada,” ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kalau grip kaki dengan pedal tidak baik, bisa terjadi slip dan bisa membahayakan. Oleh karena itu, ketika menyetir tidak disarankan untuk telanjang kaki, menggunakan sandal jepit atau sepatu hak tinggi.

“Ketika grip antara kaki dan pedal kurang, nanti slip dan bisa menyebabkan situasi berbahaya. Contoh, seharunya injak pedal rem, malah terlepas karena kaki yang licin,” kata Marcell.

Tak hanya itu, Marcell melanjutkan, menyetir menggunakan sepatu bisa mengurangi risiko cedera ketika terjadi kecelakaan.

“Sebab, cedera akan lebih parah pada kaki dan jari-jarinya bila tabrakan frontal, karena kaki tidak terlindungi,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/06/182200915/masih-banyak-pengemudi-mobil-yang-nyeker-saat-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke