Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Hatchback, Ini Mobil yang Disukai Pengemudi Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi wanita umumnya lebih tertarik dengan mobil hatchback, karena ukurannya yang kecil dan proposional. Selain itu, mobil kecil ini mudah diajak bermanuver khususnya di area parkir dan di tengah kemacetan kota.

Mobil hatchback juga memiliki fitur yang cukup lengkap walaupun berukuran kecil. Fitur entertainment seperti audio layar sentuh, dan remote apps yang dapat dioperasikan melalui smartphone, semua sudah tersedia pada mobil hatchback.

Namun, ternyata saat ini minat pengendara wanita tidak terbatas pada hatchback saja. Customer Satisfaction & Marketing Communication Head Auto2000 Tantri mengatakan bahwa sekarang, model mobil yang dipilih oleh konsumen wanita sudah mulai beragam.

"Pelanggan wanita sekarang cerdas dan memahami fungsi kendaraan. Misal, ada yang memilih SUV seperti Raize, Rush, bahkan Fortuner, lebih karena merasa aman di jalan yang kondisinya kurang bersahabat bagi pengendara," tulisnya pada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang hatchback. Selain itu, jarak antara bodi mobil dengan tanah (ground clearance) menjadi lebih lebar.

Ukuran ban mobil SUV yang lebih besar juga dapat meredam guncangan yang diakibatkan oleh jalan berlubang.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil jenis ini adalah posisi mobil yang tinggi. Ini memberikan jarak pandang yang lebih luas untuk pengemudinya, sehingga keadaan jalanan dapat terlihat dengan lebih jelas.

Founder Ladies Car Community, Fetrine, mengatakan bahwa SUV terasa lebih aman dan menantang saat dikendarai.

"Rata-rata perempuan kalau mengendarai mobil suka tidak memperhitungkan jalan, dan sering melakukan rem mendadak jika ada jalan yang kurang bagus atau kejadian yang tidak diinginkan. Nah, pada mobil SUV lebih minim rasanya," ujar Fetrine saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Hal ini membuat mobil jenis SUV terasa lebih aman, khususnya jika dipakai untuk mengarungi jalanan yang kurang baik kondisinya.

Selain itu, Fetrine memaparkan bahwa mobil jenis SUV mampu dibawa melewati banyak medan. "Saya menyukai mobil SUV, karena saya suka touring dan melakukan perjalanan jauh. SUV mampu dibawa ke segala medan, baik jalanan perkotaan yang mulus sampai jalanan terjal," jelasnya.

Mobil jenis SUV, lanjut Fetrine, juga bisa dibawa melalui tanjakan pegunungan yang sulit dilalui dan juga kondisi jalan yang rusak.

Bagasi yang luas juga menjadi salah satu daya tarik SUV bagi Fetrine. "Bagasinya luas, dan muat banyak barang," ujar dia.

Selain SUV, Tantri mengatakan bahwa konsumen wanita juga ada yang lebih memilih mobil jenis sedan.

Desainnya mirip dengan hatchback, namun sedan memiliki satu ciri khas yaitu bentuk bagasinya yang memanjang (three box).

Berbeda dengan SUV yang terkesan tangguh, mobil jenis sedan terlihat lebih elegan dan mewah. Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan sedan.

"Ada (konsumen wanita) yang memilih sedan seperti Vios atau Corolla Altis, karena nyaman dan aman dengan fitur yang lengkap. Elegan, sesuai dengan profesi, pekerjaannya," kata Tantri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/06/160200915/selain-hatchback-ini-mobil-yang-disukai-pengemudi-wanita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke