Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lancer Evolution VIII Jawara Drag Race, Tercepat di Kelas FFA

BOGOR, KOMPAS.com – Pada Kejurnas Drag Race yang berlangsung di Sirkuit Sentul (26-28 November 2021), Mitsubishi Lancer Evolution VIII tunggangan Stefen Teo dari Steve Garage tampil memukau.

Mobil ini bukan hanya berhasil menorehkan waktu tercepat di trek 201 meter dan 402 meter untuk kelas FFA, tapi kemunculannya juga menggairahkan lagi semangat para pebalap drag Tanah Air yang sempat sepi karena pandemi.

“Sekarang sudah lumayan. Gara-gara kami ikut jadi lebih ramai, sebelum pandemi kelas FFA paling 10 peserta, sekarang 30-an peserta,” ujar Stefen, saat ditemui Kompas.com di Sentul (28/11/2021).

Menyoal mobil balap yang dipakainya, Stefen mengaku bahwa mobil ini sempat vakum dalam beberapa tahun terakhir. Namun Lancer berkelir merah ini sebetulnya sudah langganan ikut balap drag di Sentul.

“Mobil ini ikut drag dari tahun 2010, spek mobil sekarang sudah beda. Mesin dibongkar lagi, klep dibuat ulang, kompresi beda sedikit dari yang dulu sekarang lebih tinggi sedikit,” ucap Stefen.

“Komputer mobil sekarang Haltech tadinya HKS. Transmisi juga diperbaiki, tadinya 4-speed, sekarang 5-speed. Semua diperbaiki jadi waktunya makin baik,” kata pebalap asal Riau ini.

Secara tampilan, mobil ini sebetulnya masih membawa desain khas Lancer Evolution. Namun seluruh bodi diganti dengan material yang ringan, untuk mengurangi bobotnya secara keseluruhan.

Sementara kaki-kaki juga dapat ubahan menyeluruh. Suspensi bawaan diganti menggunakan pillow ball yang fully adjustable sehingga lebih rigid dan awet.

Ban juga diganti dengan spek khusus balap adu lurus yang kaya traksi, lansiran Mickey Thompson ET Drag tipe Slick.

Begitu juga komponen di dalam kabin semua dikeluarkan, termasuk jok, karpet, door trim, head unit, dan aksesori lainnya. Praktis interiornya hanya tersisa dasbor dan setir, serta ada tambahan roll bar dan jok bucket seat.

“Rencana ke depan, kalau ada event-event besar mau ikut lagi. Sekarang biar ramai dulu, sengaja biar teman-teman pada ikut drag race lagi,” kata Stefen.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution VIII 2006:
Mesin 4G63T 2.000 cc
Turbo GT40R
Boost 2.7 bar
Intake Manifold AMS
ECU Haltech
Transmisi Dogbox X-Pattern 5-speed
Kaki-kaki Full Pillow Ball, Full Adjustable
Ban Mickey Thompson ET Drag tipe Slick
Pelek Regamaster 15 inci
Bodi kombinasi carbon (atap dan kap mesin) dan fiber glass
Jok Recaro

Waktu tercepat di Kelas FFA Kejurnas Drag Race:
201 meter: 6,849 detik
402 meter: 9,558 detik

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/29/155358015/lancer-evolution-viii-jawara-drag-race-tercepat-di-kelas-ffa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke