Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Keunggulan Avanza Baru Pakai Penggerak Depan | Lokasi Operasi Zebra di Bekasi | Bedanya MotoGP dan WSBK

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Avanza dan Veloz telah resmi diperkenalkan di ajang pameran otomotif, Rabu (10/11/2021). Menariknya, kedua mobil baru Toyota tersebut menggunakan penggerak roda depan, apa saja keunggulannya?

Ada juga berita mengenai Korlantas Polri yang akan mengadakan Operasi Zebra 2021 pada 15-28 November 2021. Ada tiga lokasi penerapan operasi Zebra di Bekasi yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan IR H Juanda, dan Jalan Joyo Martoyo.

Kemudian ada juga berita mengenia perbedaan MotoGP dan juga WSBK. Untuk lebih lengkapnya, berikut lima berita terpopuler kanal Otomotif Kompas.com pada Sabtu (13/11/2021).

1. Avanza Baru Pakai Penggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya

Generasi terbaru Toyota Avanza dan Veloz resmi dipajang PT Toyota Astra Motor (TAM) di pameran otomotif nasional, Rabu (10/11/2021). Kedua mobil yang dikenal dengan sebutan MPV sejuta umat itu hadir dengan transformasi yang benar-benar baru dibanding versi sebelumnya.

Ubahan paling mencolok yankni Avanza sekarang menggunakan sistem penggerak roda depan. Keunggulan penggerak roda depan yakni mesin lebih efisien, bahan bakar lebih irit dan juga perawatan yang lebih murah.

2. Ini Lokasi Operasi Zebra Jaya di Kota Bekasi Mulai Senin

Korlantas Polri yang akan mengadakan Operasi Zebra 2021 pada 15-28 November 2021. Dalam operasi Zebra yang diselenggarakan di bekasi, Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota mengatakan akan ada tiga titik operasi Zebra di Bekasi.

Ketiga titik tersebut antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan IR H Juanda, dan Jalan Joyo Martoyo. Operasi kali ini tidak ada razia yang bersifat stasioner. Dalam pelaksanaannya leih mengutamakan teguran alih-alih penindakan.

3. Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya MotoGP dan WSBK

Masih banyak yang belum paham, apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Terutama melihat keduanya yang sama-sama merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia.

Jika dilihat secara sederhana, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus alias bukan motor produksi massal. Sementara WSBK menggunakan motor produksi massal dengan rombakan khusus untuk balapan.

4. Pakai Motor Custom, Jokowi Sulit Libas Karakter Tikungan di Sirkuit Mandalika

Sebelum melakukan peresmian Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi berkesempatan menjajal sirkuit kebanggan masyarakat Indonesia tersebut.

Saat menjajal Sirkuit, Jokowi yang mengendarai motor balap pribadi berwarna hijau mengaku kesulitan pada saat melibas tikungan di Sirkuit Mandalika.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengaku tidak berani memacu motornya dengan kecepatan tinggi. Pasalnya kondisi lintasaan pada saat itu basah setelah diguyur hujan.

5. Selama Operasi Zebra 2021, Polisi Pastikan Tidak Ada Razia

Polda Metro Jaya kembali akan melakukan operasi Zebra Jaya, dimulai 15 - 28 November 2021. Dalam operasi Zebra kali ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo menegaskan, tidak akan ada razia.

Peniadaan razia di suatu lokasi tertentu wilayah Polda Metro Jaya itu untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Sambodo menjelaskan, penegakan hukum dilakukan secara berpindah-pindah (mobile) dengan mengunakan unit-unit patroli dalam mencari pelanggar Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sambodo mengaku telah memetakan ruas jalan yang riskan terjadi pelanggar lalu lintas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/14/082100815/-populer-otomotif-keunggulan-avanza-baru-pakai-penggerak-depan-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke