Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Dukung Pengembangan Motor Listrik Universitas Budi Luhur

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Budi Luhur (UBL) semakin serius dalam mengembangkan motor listrik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut mendukung pengembangan tersebut.

Belum lama ini, motor listrik karya mahasiswa ini juga dipamerkan dalam acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Magelang (6-7/11/2021). Dua motor listrik yang dipamerkan, yakni Cargo Electric Vehicle 01 (CEVO1) dan Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEVO1).

Budi mengatakan, dirinya mendukung motor listrik karya mahasiswa dan produk nasional sampai tahap produksi.

"Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 sebagai bentuk dukungan untuk karya dan produk kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Budi, dalam keterangan resmi.

UBL mengikuti pameran ini karena diundang langsung oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk mengikuti pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan. UBL juga kampus swasta satu-satunya yang hadir dalam pameran ini.

Sujono, ST, MT, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, mengatakan, undangan Pameran Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 dimanfaatkan tak hanya dengan membawa dua motor listrik untuk mengenalkan karya mahasiswa Budi Luhur kepada masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah.

"Kami juga memberikan pengetahuan motor listrik kepada pengunjung yang telah teruji jalan jauh, seperti motor listrik BL-SEV01 yang sukses touring Jakarta – Mandalika sejauh 1.340 km,” kata Sujono.

Puncak acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 yang berlangsung Minggu (7/11/2021) diisi dengan konvoi keliling kawasan Candi Borobudur dengan produk kendaraan listrik andalan masing-masing peserta pameran.

Selain Universitas Budi Luhur dengan membawa motor listrik, terdapat juga Universitas Gajah Mada (UGM), Nissan, Gesit, Astra Honda Motor, Selis, Swap Energy Indonesia, Unitep Bike, Polygon, Viar, dan lain-lain.

”Banyak pengunjung yang tertarik dengan BL-SEV01 dengan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa kami dan ingin mencoba langsung. Mereka banyak yang datang langsung ke pameran ini karena penasaran untuk lihat langsung, karena sebelumnya sudah pernah diliput oleh media dan melihat tayangan di YouTube,” ujar Sujono.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., sangat mengapresiasi undangan keikutsertaan oleh Kemenhub. Momen ini pun menjadi spesial dikarenakan BL-SEV01 baru saja menuntaskan touring terjauhnya.

“Kami bangga turut berpartisipasi dalam acara untuk menyambut Hari Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 ini, di mana hanya dua civitas saja yang diundang, yaitu Universitas Budi Luhur dan Universitas Gajah Mada,” kata Wendi.

Wendi menambahkan, partisipasi ini juga untuk membuktikan UBL sebagai universitas yang memiliki pusat studi kendaraan listrik ingin menunjukkan hasil karya mahasiswa dan dosen selama ini.

“Tahun depan, target kami adalah merancang lagi produk baru yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Terlebih Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar ajang balap Formula E. Tentunya, momen ini jadi momen penting bagi UBL untuk berperan aktif mendukung wilayah Jakarta tetap bersih dari polusi udara,” ujar Wendi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/07/110100915/menhub-dukung-pengembangan-motor-listrik-universitas-budi-luhur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke