Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Group Garap Proyek untuk Menjaga Ekosistem Alam Sumatera

Di Indonesia, proyek ini dilaksanakan oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang dikoordinir oleh konsorsium lokal PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT REKI).

Proyek perlindungan eksositem ini terletak di bagian dari Hutan Harapan (Sumatera), yang merupakan rumah bagi sekitar 1.350 spesies hewan yang berbeda.

Proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat adat dengan melindungi hak-hak petani atas tanah dan mempromosikan hak-hak perempuan, melestarikan kawasan bebas deforestasi seluas 2.700 hektar dan melindungi beberapa spesies yang terancam punah.

“Sebagai produsen premium, tujuan kami adalah menjadi pemimpin dalam topik Sustainability dan secara aktif bertanggung jawab dalam rantai pasokan kami. Dalam memerangi perubahan iklim, kami meluncurkan langkah-langkah yang ditargetkan untuk mendukung keanekaragaman hayati dan konservasi hutan hujan tropis,” ucap Dr Andreas Wendt, BMW AG Board Member for Purchasing and Supplier Network, dalam keterangan resminya, Senin (1/11/2021).

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan sejalan dengan tujuan Global Platform of Sustainable Natural Rubber (GPSNR), platform multi-stakeholder untuk pengembangan bisnis karet alam secara berkelanjutan, di mana BMW Group, Pirelli dan Birdlife International adalah founding members.

Kemitraan antara BMW Group dan Pirelli dalam mendukung Hutan Harapan Indonesia merupakan bagian dari jalan bersama menuju karet alam yang berkelanjutan.

Dalam konteks ini, Pirelli mengembangkan dan memproduksi ban pertama di dunia, Pirelli P ZERO, yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC), digunakan pada the new BMW X5 Plug-in-Hybrid, menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan ban bersertifikasi ini.

Proyek tiga tahun ini juga mencakup beberapa kegiatan, seperti pendekatan Agroforestry, Good Agricultural Practices (GAP), keterlibatan masyarakat lokal, perlindungan hutan, pemberdayaan perempuan, perawatan dan perlindungan satwa, pelacakan dan penggunaan karet alam berkelanjutan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/01/180200115/bmw-group-garap-proyek-untuk-menjaga-ekosistem-alam-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke