Salin Artikel

BMW dan Mercedes-Benz Berpotensi Investasi di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kembali mendapatkan kabar segar mengenai potensi investasi di sektor manufaktur otomotif. BMW dan Mercedes-Benz dikabarkan mulai tertarik membangun ekosistem pengembangan mobil di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa kedua perusahaan tersebut menyatakan minatnya terhadap potensi Indonesia sebagai tempat pengembangan mobil berbasis fuel cell.

"BMW telah menyatakan minatnya untuk membangun ekosistem tersebut di Indonesia. Mercedes-Benz juga bersedia bekerjasama dan sedang mengeksplorasi peluang ekspor kendaraan ke Australia dan ASEAN, rencananya mereka akan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi," kata Agus dalam keterangan resminya, Sabtu (30/10/2021).

Potensi Indonesia pada sektor ini nampak dari fakta bahwa Indonesia dan Australia sudah menjalin hubungan bilateral dengan penandatanganan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang sudah berlaku sejak 5 Juli 2020.

"Mobil asal Jerman seperti BMW dan Mercedes-Benz merupakan merek premium yang paling populer di Australia pada tahun 2020," katanya menambahkan.

Menilik perjanjian IA-CEPA, terdapat poin mengenai penghapusan tarif perdagangan kendaraan berstatus completely build-up (CBU) jadi 0 persen bagi mobil penumpang yang dirakit di Indonesia untuk dijual di Australia.

Agus Gumiwang pun menawarkan kepada BMW dan Mercedes-Benz agar bisa menjadikan Indonesia sebagai lokasi perakitan kendaraan bermotor yang akan diekspor ke Australia.

Tidak hanya itu, melihat rasio kepemilikan mobil di Indonesia yang terhitung rendah, yakni 99 mobil per 1.000 orang, menjadikan peluang investasi di sektor otomotif Indonesia masih terbilang cukup besar.

Sudah umum diketahui bahwa BMW dan Mercedes-Benz sudah memiliki beberapa model mobil yang dirakit secara lokal di Indonesia. BMW Indonesia bersama PT Tjahja Sakti Motor memiliki 9 model mobil penumpang sementara PT Mercedes-Benz Indonesia memproduksi 8 model mobil penumpang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/31/173100815/bmw-dan-mercedes-benz-berpotensi-investasi-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.