Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Safety Sense, Calon Fitur yang Ada di Avanza Veloz Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto All New Toyota Avanza Veloz baru-baru ini bocor di media sosial. Tidak hanya memperlihatkan sisi eksterior saja, tapi juga diikuti penampakan sektor samping sampai buritan belakang yang kini tampil lebih mewah tanpa emblem Avanza.

Jika dilihat secara seksama, tampilannya benar-benar berubah total. Semuanya serba, mulai dari lampu utama yang dibuat menyipit, sampai grill lebar dengan bentuk trapesium yang sekilas tampak mirip seperti Corolla Cross.

Pada bagian interior, juga mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding dengan model yang dipasarkan saat ini. Mulai dari dasbor, kemudi, desain tuas transmisi, hingga pemilihan bahan meterial.

Tidak hanya itu, berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, untuk Veloz tipe Q digadang-gadang sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

“Untuk tipe Q (tipe tertinggi) sudah paling lengkap. Banyak fitur-fitur tambahan, Toyota Safety Sense juga ada,” ucap salah satu pramuniaga Toyota di Jakarta Selatan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Sebagai informasi, Toyota Safety Sense sendiri merupakan kesatuan dari beberapa fitur keselamatan yang terdiri dari Lane Deparature Assist dengan Steering Control, yang mencegah kendaraan keluar dari jalur.

Lalu ada Pre Collision System yang membantu mengurangi tabrakan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil, selanjutnya Auto High Beam (AHB) yang memastikan visibilitas di depan yang optimal saat berkendara di malam hari.

Kemudian ada juga Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert, Vechicle Stability Control, Hill Start Assist, hingga Adaptive Cruise Control yang memungkinkan mobil berjalan dan berhenti tanpa perlu menginjak pedal gas dan rem.

Tak sampai di situ, berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, MPV murah ini juga mengalami peningkatan fitur dengan dibekali Electronic Parking Brake (EPB).

EPB merupakan fitur rem parkir yang dikontrol penuh oleh sistem elekteronik, sehingga sistem kerja mekanial berupa tuas sudah sepenuhnya dihilangkan.

Berkat penghilangan tuas rem tangan, konsol tengah mobil menjadi lebih luas dan dapat dimanfaatkan untuk fungsi lainnya, seperti console box untuk tempat penyimpanan atau tambahan cup holder.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/17/071100315/toyota-safety-sense-calon-fitur-yang-ada-di-avanza-veloz-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke