Salin Artikel

Adu Desain Kia Sonet dan MG ZS Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan pasar compact sport utility vehicle (SUV), Morris Garage (MG) meluncurkan versi terbaru dari The New MG ZS yang merupakan vesih facelift dari MG ZS pada awal September lalu.

Mobil ini sekaligus menjadi penantang dari SUV asal Korea Selatan Kia Sonet 5 Seater.

Jika dilihat cara desain, perawakan keduanya hampir sama, yakni SUV Crossover berukuran kompak, karena memiliki dimensi yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Lantas, jika keduanya disandingkan, desain mana yang lebih menarik untuk dipinang?

Secara dimensi, MG ZS memiliki ukuran panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.628-1.653 mm. Sementara Kia Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.642 mm. Artinya, kabin Kia Sonet akan terasa sedikit lebih sempit jika dibandingkan langsung dengan MG ZS.

Jika melihat tampilan Kia Sonet, bisa dibilang, rasa agresif tercermin pada desain SUV murah Korea Selatan ini.

Karakter sebuah SUV langsung terlihat dari tongkrongan depan. Mulai dari kap mesin dengan guratan yang tebal dan lebar, grill honeycomb yang mengusung bahas desain Tiger Nose, hingga kehadiran underguard.

Kemudian, kesan modern juga turut disematkan melalui headlamp yang berbentuk pipih dengan pencahayaan LED serta DRL. Setelah itu, dipermanis dengan aksen krom pada bagian bumper serta rumah fog lamp.

Masuk ke area samping, sekilas rerlihat minimalis lantaran tak ada guratan yang menonjol, namun hal tersebut justru menegaskan dimensi compact-nya. Sementara kesan mewah diwakili dari desain pelek 16 inci.

Sedangkan di bagian belakang, konsepnya dibuat ringkas yang didukung dengan lampu LED horizontal di bagian tengah layaknya list yang memanjang. Sebagai pelengkap, tak lupa ada roof rail pada bagian atap.

Sementara itu, MG ZS facelift tampil dengan gaya baru, yakni Exclusive High-gloss grille yang menghiasi sisi depan tetap menyangga logo ikonik dan klasik oktagnal MG.

Di setiap sisi bagian depan bertengger juga dua lampu besar yang kini lebih modern menggunakan LED projector headlights. Tomahawk alloy wheels juga turut menghiasi keempat roda ditambah dengan spoiler pada bagian belakang yang meningkatkan tampilan sporty.

Tampilan siluet melalui garis pada bodi samping juga memberikan daya tarik baru dengan nama British Shoulder Line. Tak lupa MG kini memberikan suasana yang lebih baru dan menambah empat warna untuk konsumen Indonesia.

Sedangkan pada bagian belakang desain lampu utama dibuat lebih berkelas. Terdapat LED yang bentuknya serasi dengan LED lampu utama depan. Sementara reflektor di kiri kanan bawah juga didesain serupa dengan fog lamp bagian depan.

Kesimpulan

Soal tampilan, kembali lagi pada selera masing-masing konsumen. Hanya saja MG ZS sedikit lebih unggul dari sisi demensi. Jadi bagaimana, Anda lebih menyukai desain SUV berdarah blasteran Korea Selatan-India yakni Kia Sonet, atau SUV kompak MG-ZS campuran Inggris-China, MG ZS?

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/11/174100315/adu-desain-kia-sonet-dan-mg-zs-facelift

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.