Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulik Mesin Honda BR-V Terbaru, Punya Kode Sama dengan City Hatchback

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda BR-V generasi baru telah diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) secara world premiere, Selasa (21/9/2021). Santer terdengar kabar bahwa dapur pacu LSUV ini dikembangkan dari City Hatchback yang sudah meluncur awal 2021.

Anggapan tersebut ternyata benar, namun ada beberapa perbedaaan di antara BR-V dengan kepunyaan City Hatchback.

Yoshihiko Eguchi, Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific, mengatakan, pada dasarnya kedua mobil mengusung mesin serupa.

“Untuk engine memang BR-V sama dengan yang digunakan City Hatchback, tapi karena tema yang diusung adalah LSUV, jadi kami juga gunakan settingan, untuk mendongkrak tenaga dan efisiensi bahan bakarnya,” ucap Eguchi, dalam konferensi virtual (21/9/2021).

“Begitu juga transmisinya, memang dia juga sama dengan transmisi matik City Hatchback, dan kami juga menerapkan settingan khusus untuk mendongkrak tenaga dan keiritan bahan bakarnya,” kata dia.

Seperti diketahui, BR-V menggunakan mesin dengan kode L15ZF berkapasitas 1.500 cc DOHC i-VTEC yang bertenaga 121 PS atau setara 119 tk dan torsi maksimal 145 Nm.

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan, dan disalurkan melalui penggerak roda depan.

“Antara City Hatchback dengan BR-V, tenaga dan torsi maksimumnya sama, tidak berbeda,” ujar Eguchi.

Mulai dari tipe S manual, E manual, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing CVT. Khusus yang terakhir, merupakan varian teratas yang telah dilengkapi berbagai fitur canggih.

Seperti Lanewatch, kemudian Collision Mitigation Braking System, lalu Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Lead Car Departure Notification System, serta Auto High Beam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/22/084200315/ulik-mesin-honda-br-v-terbaru-punya-kode-sama-dengan-city-hatchback

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke