Salin Artikel

Honda NSX Type S Meluncur, Versi Paling Buas Sebelum Pensiun

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda meluncurkan NSX Type S generasi kedua yang akan dijual secara terbatas di Amerika Serikat. Mobil ini disebut-sebut menjadi NSX paling bertenaga yang pernah ada, sebelum berhenti diproduksi pada 2022.

Dilansir dari Carscoops (13/8/2021), NSX Type S akan dijual dengan jumlah terbatas hanya 350 unit. Sementara 300 unit di antaranya disiapkan khusus buat pasar AS.

Sejatinya NSX Type S terbaru merupakan versi facelift dari model sebelumnya yang meluncur sejak 2016. Perbedaan besar datang dari desain eksterior yang lebih tajam dan bersudut.

Ubahan ini diklaim berkontribusi pada aerodinamika yang lebih baik dan menimalisir daya angkat, serta meningkatkan pendinginan mesin.

Selain desain eksterior yang berbeda, pelek juga menggunakan motif baru. Sementara atap dan beberapa bagian bodi telah mengusung bahan serat karbon.

Bicara soal dapur pacu, NSX Type S masih mempertahankan mesin V6 3.500 cc twin-turbo dengan tiga motor listrik.

Kombinasi ini menghasilkan tenaga sebesar 600 tk dan torsi maksimal 667 Nm. Tercatat, NSX Type S memiliki tambahan daya 27 tk dan torsi 22 Nm lebih besar ketimbang model sebelumnya.

Tenaga tersebut disalurkan melalui sistem penggerak all-wheel drive dengan transmisi otomatis DCT 9-percepatan.

Peningkatan performa NSX Type S bisa dicapai berkat unit turbocharger baru yang diadopsi dari mobil balap NSX GT3 Evo, dengan boost pressure ditingkatkan sampai 16,1 psi.

Lalu juga diterapkan injektor baru dengan flow rate 25 persen lebih tinggi, serta intercooler baru. Girboks DCT pun diklaim bisa berpindah gigi 50 persen lebih cepat, dengan disertai Rapid Downshift Mode.

Sementara sistem torque vectoring dari Sport Hybrid SH-AWD disetel untuk handling yang lebih optimal.

NSX Type S memiliki empat mode berkendara dari Integrated Dynamics System, yaitu Quiet, Sport, Sport+, dan Track, disertai kalibrasi pada Adaptive Damper System.

Walaupun performa mesin jadi lebih buas, Honda tidak merilis angka soal akselerasi dan kecepatannya.

Tapi dari hasil pengujian yang telah dilakukan, NSX Type S diklaim lebih kencang 2 detik saat melahap Sirkuit Suzuka dibandingkan NSX standar versi terbaru.

Perihal harganya, Honda akan melepas NSX Type S dengan banderol mulai 169.500 dolar AS atau sekitar Rp 2,4 miliar. Sementara untuk opsi Lightweight Package dijual 182.500 dolar AS atau sekitar Rp 2,6 miliar.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/193100615/honda-nsx-type-s-meluncur-versi-paling-buas-sebelum-pensiun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.