Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sangat Mudah, Ini Cara Merawat Speedometer Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasarnya, speedometer mobil bukanlah komponen yang sensitif atau mudah cepat rusak. Tetapi dalam suatu kasus, bagian tersebut bisa saja tidak berfungsi secara optimal lagi.

Dikatakan Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, hal ini dikarenakan pemilik kurang memperhatikan keadaan speedometer sehingga tak pernah dibersihkan secara rutin.

"Jadi saat sedang mencuci mobil, sebaiknya speedometer pun ikut dibersihkan. Tidak perlu mengguyurnya dengan air, cukup bersihkan dengan lap mikrofiber basah dan keringkan," katanya, Sabtu (3/7/2021).

Melalui langkah terkait, bagian speedometer bisa tercegah dari ada atau tumbuhnya jamur yang kemudian berisiko merusak tampilanya, Lalu, jauhkan juga speedometer dari air.

Sebab, air yang merembes ke dalam speedometer bisa berpotensi menimbulkan korsleting. Karenanya, segera keringkan speedometer dengan lap bersih jika terdapat genangan air.

"Saat memarkirkan mobil juga usahakan untuk memilih lokasi yang teduh. Jika tidak memungkinkan, tutup speedometer dengan cover khusus agar menghindari kerusakan cat di bagian terkait," ujar Imansyah.

Terakhir, jauhkan speedometer mobil dari medan magnet yang kuat karena dapat mempengaruhi kinerja dan fungsinya. Bahkan dalam jangka waktu lama, kontak dengan medan magnet bisa merusak instrumen ukur yang ada di sana.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/03/144100315/sangat-mudah-ini-cara-merawat-speedometer-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke