Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Posisi Pintu Darurat yang Ada pada Bus Dalam Kota Sering Diabaikan

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini bus TransJakarta mengalami mogok di tengah perlintasan kereta di Ibu Kota. Penumpang yang panik, segera keluar dengan melompat dari pintu tengah, padahal jaraknya ke tanah cukup tinggi.

Video bus TransJakarta yang berhenti di tengah perlintasan kereta ini pun diunggah akun Jakarta Terkini di Instagram dan sudah disaksikan 370.000-an kali. Bus pun berhasil didorong warga dan petugas agar bisa melintasi rel.

Agar penumpang di waktu mendatang tidak panik, ada beberapa hal yang patut diketahui sebelum naik bus, misalnya pintu-pintu darurat. Jika sudah mengetahui pintunya, penumpang dan pengemudi bisa membuka jalur emergency dengan aman.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, dari video yang ada, pengemudi dan kru seharusnya tidak panik dan membuka pintu darurat dengan aman.

“Di pintu tengah itu juga ada tangga daruratnya. Tangganya harus dikeluarkan manual oleh kru. Kemudian dalam kondisi darurat, tersedia tombol yang membuka semua pintu yang bisa ditekan oleh pengemudi," ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Untuk bus kota model high deck seperti yang ada di video memiliki lima pintu masuk, dua di sisi kanan dan tiga di sisi kiri. Semua pintu tadi menjadi jalur emergency ketika dalam kondisi darurat dan ditambah dua emergency hatch yang ada di atap.

“Sedangkan untuk bus kota tipe low entry, ada pintu darurat di sisi kanan belakang yang bisa dibuka secara manual. Begitu juga ada dua emergency hatch yang ada di atap bus,” kata Werry.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/02/114200915/posisi-pintu-darurat-yang-ada-pada-bus-dalam-kota-sering-diabaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke