Salin Artikel

Perawatan Ringan buat Perpanjang Usia AC Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi AC mobil di kondisi negara tropis merupakan suatu hal yang penting.

Untuk itu perawatan terhadap komponen penyejuk ruangan tersebut juga harus diperhatikan agar pengemudi dan penumpang lebih nyaman saat di perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar AC mobil tetap awet dan tahan lama. Salah satunya yakni pembersihan komponen di dalam AC dan penggunaan dengan bijak.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan agar AC mobil tetap awet dan bekerja secara baik.

"Untuk bagian kabin, bisa dilakukan pembersihan atau penggantian filter kabin secara berkala. Sedangkan untuk bagian mesin, bisa melakukan pembersihan komponen penting AC seperti kondensor, kompresor, dan lainnya," kata Didi kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Filter kabin harus dibersihkan dan dirawat dengan baik, jika dipelukan sebaiknya dilakukan penggantian filter kabin secara berkala.

Kondisi kabin yang bersih akan membuat sirkulasi udara yang masuk ke AC juga bersih. Maka dari itu udara yang dikeluarkan juga akan bersih dan segar.

Pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan kabin dengan tidak membuka kaca jendela terlalu lebar.

Selain itu, jika ada banyak debu dan kotoran di mobil akan lebih mudah merusak AC terutama pada saat membuka jendela dalam kondisi AC menyala.

Tidak disanrankan juga untuk merokok di dalam kabin pada saat AC menyala. Hal tersebut akan menyebabkan udara tidak bersih dan menggangu penumpang lainnya.

Kemudian bersihkan kondensor AC, hal ini dapat dilakukan pada saat pemilik kendaraan mencuci mobil.

Debu dan kotoran yang menempel pada kondensor AC dapat menyebabkan kebocoran dan juga korosi.

Disarankan juga untuk servis AC secara rutin. Servis rutin untuk perawatan AC bisanya meliputi pembersihan filter, evaporator, dan pengecekan serta pembersihan kompresor AC. Servis AC ringan dapat dilakukan setiap 10.000 kilometer sekali.

Perawatan yang perlu dilakuan agar AC tetap bekerja secara optimal yakni dengan pembersihan filter kabin setiap tiga bulan sekali.

Kemudian pembersihan evaporator setiap enam bulan sekali, dan kompresor setiap satu tahun sekali atau setiap 20.000 kilometer.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/28/182100815/perawatan-ringan-buat-perpanjang-usia-ac-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.