Salin Artikel

Penyebab Utama Motor Bisa Terbakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sepeda motor terbakar di jalan umum. Api keluar dari bagian mesin kemudian membesar setelah pengendara membalikkan motornya.

Dalam video yang diunggah akun Agoez Bandz4, pengendara tu berusaha memadamkan api menggunakan kain, terlihat juga ada seseorang yang berusaha membantu dengan menyiram air.

Sampai video selesai tidak dijelaskan apakah api berhasil dipadamkan atau tidak. Penjelasan dalam video hanya mengatakan tidak ada yang berani mendekat karena takut motor meledak.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ribut mengatakan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber tapi bisa jadi karena hal lain.

Sebab isi besin sampai luber pun sebetulnya masih cukup aman karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/27/162100615/penyebab-utama-motor-bisa-terbakar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.