Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terminal Tirtonadi Solo Tetap Beroperasi Meski Ada Larangan Mudik

SOLO, KOMPAS.com - Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, akan tetap beroperasi pada saat larangan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Hal ini dikarenakan Terminal Tirtonadi masih harus melayani kedatangan, atau keberangkatan bagi orang dengan perjalanan nonmudik dan angkutan lokal.

"Kami terminal tetap buka, untuk melayani khususnya yang zonasi Solo Raya dan juga pelaku perjalanan lain dari luar provinsi dengan syarat protokol kesehatan yang ketat," ucap Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto kepada Kompas.com, saat ditemui belum lama ini.

Joko mengatakan, untuk melayani perjalanan masyarakat lokal yang melakukan perjalanan pada saat larangan mudik, maka terminal akan tetap beroperasi.

Solo sendiri merupakan salah satu daerah aglomerasi yang boleh diadakanya perjalanan lokal.

"Tetap akan terus diadakan pengawasan bagi penumpang, harus mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah dan pihak terminal," ucap Joko.

Salah satu protokol kesehatan yang dilakukan di Terminal Tirtonadi adalah pengadaan tes GeNose yang dilakukan oleh petugas terminal. Hal ini dilakukan dengan koordinasi oleh pihak Terminal dan gugus Covid-19 Surakarta.

"Justru pada saat tanggal 6-17 itu kami akan membantu penumpang di Terminal untuk pengawasan orang yang lebih detail lagi, kita pro aktif. Jika nanti ada penumpang dari luar kota yang terkena kasus biar diselesaikan di terminal, jangan sampai pembawa virus tidak terdeteksi melaui terminal dan malah langsung ke tujuan," ucap Joko.

Menurut Joko, jika pemutusan persebaran virus terjadi di terminal maka akan ada pihak yang siap membantu untuk menangani sehingga dapat dikendalikan persebarannya. Pihaknya juga sudah menyiapkan protokol jika nantinya ada pembawa virus di terminal.

Berpengalaman pada tahun sebelumnya, Solo termasuk salah satu daerah pertama penyebaran Covid-19. Maka dari itu pihak Terminal sudah melakukan berbagai langkah antisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penyediaan ruang penanganan dan isolasi khusus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/02/040100415/terminal-tirtonadi-solo-tetap-beroperasi-meski-ada-larangan-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke