Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terlalu Jangkung, Bentuk Tangki Motor Joan Mir Beda dari Alex Rins

Tak heran bahwapebalap bersedia mencurahkan waktu untuk memodifikasi bentuk tangki motornya agar bisa tampil lebih cepat. Salah satunya ialah Jorge Lorenzo saat masih jadi skuad tim pabrikan Ducati.

Hal serupa juga dilakukan oleh Joan Mir. Juara Dunia MotoGP 2020 itu menambahkan komponen di tangkinya dengan tujuan serupa. Membuat bentuk tangki motornya dengan rekan setim Alex Rins berbeda.

Hal ini mulai dilakukan oleh Mir sejak musim lalu. Pada 2020, dia memakai bantalan di bagian tangki. Kemudian, selama tes musim dingin bentuknya semakin disempurnakan.

"Itu membantu saya," kata Mir mengutip Motorsport-Total.com, Jumat (9/4/2021).

"Saat melakukan pengereman, saya ingin menggunakan kekuatan kaki saya dengan baik. Saya biasanya menggunakan kekuatan kaki dan tidak banyak memakai tubuh bagian atas," katanya.

Mir menjelaskan, tujuan memodifikasi bentuk tangki yaitu agar posisi lututnya tidak maju ke depan saat melakukan pengereman.

"Jika Anda melihat tangki Suzuki, itu datar. Jika Anda mengerem, lutut Anda meluncur ke depan. Saya tidak pernah menyukai itu dan sangat tidak nyaman," katanya.

"Sekarang kami memiliki bentuk tangki yang lebih alami. Ini memungkinkan saya untuk bekerja lebih banyak dengan kaki saya," kata Mir.

Bentuk tangki ini penting buat Mir karena dia memiliki ukuran tinggi badan yang jangkung buat pebalap motor. Tinggi Mir ialah 181 cm, tetapi masih kalah dari Luca Marini dengan 184 cm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/09/155100615/terlalu-jangkung-bentuk-tangki-motor-joan-mir-beda-dari-alex-rins

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke