Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Polisi Akui Razia Knalpot Bising Berdasarkan Suara Tidak Berlaku | Hasil MotoGP Doha 2021: Quartararo Juara, Rusak Pesta Ducati

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin banyak pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot aftermarket terjaring razia knalpot bising. Padahal, tidak ada aturan yang mengatur tentang baku mutu suara knalpot aftermarket di jalan.

Perlu diingat, pihak kepolisian juga sudah mengakui bahwa metode yang digunakan saat razia knalpot bising dengan menggunakan sound level meter atau decibel meter dianggap kurang tepat.

Selama ini, dasar hukum yang dipakai adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.56 Tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan Bermotor yang Sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.

Selain artikel soal salah razia knalpot yang berdasarkan suara tidak berlaku, ada juga artikel soal Hasil MotoGP Doha 2021 di mana Quartararo menghancurkan pesta Ducati.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima artikel terpopuler di Kompas Otomotif, Senin 5 April 2021:

1. Polisi Akui Razia Knalpot Bising Berdasarkan Suara Tidak Berlaku

Semakin banyak pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot aftermarket terjaring razia knalpot bising. Padahal, tidak ada aturan yang mengatur tentang baku mutu suara knalpot aftermarket di jalan.

Perlu diingat, pihak kepolisian juga sudah mengakui bahwa metode yang digunakan saat razia knalpot bising dengan menggunakan sound level meter atau decibel meter dianggap kurang tepat.

Selama ini, dasar hukum yang dipakai adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.56 Tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan Bermotor yang Sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.

2. Hasil MotoGP Doha 2021: Quartararo Juara, Rusak Pesta Ducati

Pebalap Monster Yamaha Fabio Quartararo menjadi yang tercepat di GP Doha, Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (4/4/2021). Quartararo merusak rencana pesta Ducati yang sempat mendominasi jalannya balapan dengan menempatkan tiga pebalap di deretan depan.

Finis di belakang Quartararo, ada pebalap Pramac Ducati Johann Zarco dan pemilik pole position, Jorge Martin, mampu mengamankan podium ketiga.

Sedangkan pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, ada di posisi keempat. Menutup lima besar, ada juara seri lalu, Maverick Vinales.

3. Hasil Klasemen MotoGP 2021 Usai MotoGP Doha, Zarco Ada di Puncak

MotoGP Doha 2021 berhasil dimenangi oleh Fabio Quartararo. Meski demikian, pemimpin klasemen sekarang jatuh ke tangan Johann Zarco.

Quartararo ada di peringkat ketiga dan berhasil mengoleksi 36 poin setelah menang di Sirkuit Losail, Qatar, pada seri kedua MotoGP 2021.

Sedangkan di peringkat ketiga diisi oleh rekan setimnya, Maverick Vinales, dengan total poin yang sama.

4. Naik Bus Mewah dari jakarta ke Surabaya, Tarif Mulai Rp 200.000-an

Melakukan perjalanan dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini memang menjadi alternatif yang ekonomis. Infrastruktur jalan yang semakin baik membuat waktu tempuh Jakarta – Surabaya menjadi makin singkat.

Selain itu, untuk menunjang kenyamanan penumpang agar lebih maksimal, berbagai Perusahaan Otobus (PO) menyediakan layanan yang super mewah. Misalnya kelas dengan sleeper seat, bahkan sampai bus tingkat.

Berikut ini ada 5 PO bus dengan layanan mewah yang memilik trayek Jakarta – Surabaya. PO bus tersebut yaitu Sinar Jaya, Lorena, Damri, Harapan Jaya dan Rosalia Indah.

5. Hasil MotoGP Doha 2021: Rossi Finis Ke-16, Ada Insinden Miller dan Mir

Seri kedua MotoGP Doha, di Sirkuit Losail, Minggu (4/4/2021), berjalan menarik. Namun, pebalap gaek Valentino Rossi masih belum menemukan performa terbaiknya di balapan kali ini.

Beberapa pebalap terlibat side by side untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah duel pebalap Suzuki Joan Mir dan pebalap Ducati Jack Miller.

Pada tikungan ke-10, Joan Mir tidak sengaja menyenggol Jack Miller saat keduanya sedang memperebutkan posisi kelima.

Seakan tidak terima dengan hal tersebut, Jack Miller membalas dengan menggesekkan bahu ke Joan Mir di jalan lurus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/06/060200215/-populer-otomotif-polisi-akui-razia-knalpot-bising-berdasarkan-suara-tidak

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.