Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengendarai Motor Matik di Jalan Menanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor model matik memang banyak digemari di Indonesia, bentuknya yang dinamis serta penggunaannya yang mudah dan simpel membuat motor matik menjadi primadona.

Namun, dengan segala efiesni yang dimiliki oleh motor matik, banyak yang beranggapan bahwa motor matik tidak memiliki torsi dan tenaga yang kuat untuk di tanjakan terjal.

Meskipun demikian ada juga motor matik yang memiliki tenaga yang besar dan mampu melewati tanjakan terjal dengan mudah. Biasanya skuter matik dengan tenaga yang besar juga memiliki harga yang tinggi.

Lantas bagaimana cara mengendara motor matik dengan kapasitas mesin kecil pada saat di tanjakan terjal?

Head Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sebelum melakukan perjalanan panjang yang kemungkinan ada tanjakan terjal, pengemudi harus melakukan berbagai persiapan.

"Kalau mau bepergain jauh, sebelumnya pengendara harus mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, diperlukan juga tentang persiapan kendaraan yang akan digunakan," ucap Agus kepada kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Agus menambahkan, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya cek kondisi kendaraan. Jika memang diperlukan, melakukan service terlebih dahulu agar performa kendaraan juga bagus. Cek juga bagian mesin terutama pada v-belt untuk kendaraan matik.

Pada saat akan menaiki tanjakan terjal, sebaiknya mengambil ancang ancang dengan jarak yang cukup. Usahakan ketika mulai menaiki tanjakan kecepatan dijaga untuk lebih kencang agar nantinya kuat di tanjakan.

"Pada saat di tanjakan jangan langsung buka gas secara penuh, pastikan untuk membuka gas secara perlahan agar torsi mesin dapat maksimal. Karena kerja v-belt pada motor matik tidak seperti gear pada kendaraan manual," kata Agus.

Agus menyarankan, jika lalu lintas sedang lengang naik tanjakan dengan zig-zag. Hal ini dikarenakan dalam posisi ini mesin kendaraan tidak selalu dipaksa untuk naik, melainkan jalannya menjadi agak landai karena kita berjalan miring.

"Jika berjalan secara zig-zag masih belum bisa dan mesin kendaraan sudah tidak kuat lagi, kurangi beban kendaraan. Entah mengurangi beban bawaan atau penumpang yang turun," ucap Agus.

Yang jelas untuk brkendara pada tanjakan terjal untuk motor matik, Agus mengatakan harus benar-benar ada persiapan terlebih dahulu, terutama kondisi kendaraan. Mental dan skil berkendara juga harus dipersiapkan apalagi jika akan melewati pegunungan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/05/064200115/tips-mengendarai-motor-matik-di-jalan-menanjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke