Salin Artikel

HD Shovelhead 1979, Kental dengan Detail Klasik

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson (HD) Shovelhead cukup banyak dijadikan basis untuk motor custom. Tapi, tak banyak yang membangunnya dengan gaya neo klasik, seperti yang dilakukan Yayack, builder Retrozsyndicate Craft.Mfg.

Yayack menggunakan HD Shovelhead lansiran 1979 dan dibangun dengan gaya neo klasik. Tema yang diambil sangat kental dengan detail klasik dan finishing yang bersih dan mengilap.

"Terlihat dari pemakaian suspensi depan springer dan slim dual shock pada suspensi belakang, pemakaian chain open primary, dan transmisi 4-percepatan dengan kick starter, menguatkan kesan klasik pada karya ini," ujar Yayack, Kamis (1/4/2021).

Yayack menambahkan, sistem pengereman menggunakan drum brake atau tromol pada roda depan dan belakang yang dibantu sistem pengoperasian hidrolis.

"Ubahan tersebut menambah performa pengereman semakin maksimal," kata Yayack.

Lalu, untuk perpindahan gear diterapkan sistem foot clutch dan jocky shift yang terletak pada sisi kiri tangki bahan bakar. Penggunaan jock shift ini juga menguatkan kesan klasik yang diusung.

Untuk kaki-kakinya, Yayack menyematkan wheels dop pada pelek jari-jari dengan ukuran 16 inci. Ban belakangnya mengandalkan Firestone Deluxe Champion berukuran 16x5.00.

Sedangkan untuk roda depan, menggunakan pelek casting dengan diameter 19 inci dan dibalut ban Firestone Deluxe Champion berukuran 19x3.25.

"Pada sheets metal menggunakan dua perpaduan metal, yaitu aluminium dengan finishing polish dan galvanis steel dengan finishing custom painting, serta tambahan aksen material copper dan brass pada detailing sheets metal," ujar Yayack.

Tak ketinggalan, ujung knalpot dibuat lebih manis dengan gaya fishtail. HD Shovelhead garapan Retrozsyndicate Craft.Mfg ini diberi nama "Peksi Ijo".

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/01/164100715/hd-shovelhead-1979-kental-dengan-detail-klasik

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.