Salin Artikel

Ibarat Nasi, Bensin Juga Bisa Basi di Tangki Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang lama tidak digunakan berpotensi untuk mengalami berbagai kerusakan, salah satunya kondisi bensin di dalam tangki. Ibarat nasi, bensin juga mengenal istilah basi alias tidak sehat dikonsumsi mesin lagi.

Masalahnya, masih banyak pemilik mobil yang belum tahu butuh waktu berapa lama hingga bensin basi bisa terjadi.

Dijelaskan oleh Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri, bensin basi terjadi karena ada perubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

Perubahan ini disebabkan karena bahan bakar terlalu lama mengendap di dalam tangki, sehingga membuat kandungan bensin tercampur zat kimia lain.

“Unsur kimia dalam bahan bakar bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar,” ujar Yus, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Belum lagi jika tangki tidak penuh, kalau malam atau karena pengaruh cuaca bisa berembun. Tangki pun tercampur kandungan air, bisa mempercepat korosi,” katanya.

Adapun kisaran durasi yang menyebabkan bensin bisa jadi basi, Yus tak bisa mengatakannya secara pasti. Sebab, sangat relatif tergantung pada tempat parkir dan kondisi kendaraan itu sendiri.

"Kurang lebih sama seperti pelumas, yang dianjurkan untuk diganti jika sudah mencapai 10.000 kilometer atau 6 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu," kata Yus.

Yus menambahkan, 6 bulan bukan waktu yang pasti. Ada beberapa faktor lain yang dapat mempercepat bensin menjadi basi.

"Semakin besar ruang kosong yang ada di dalam tangki, dapat memperbesar juga jumlah penguapan. Apalagi, jika mobil di parkir terus di tempat yang panas atau tidak teduh, tentu akan lebih cepat lagi," ujar Yus.

Agar hal tersebut tidak terjadi (bensin terkontaminasi dengan zat lain), disarankan untuk mobil atau sepeda motor dinyalakan mesinnya paling tidak satu pekan sekali.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/23/102200915/ibarat-nasi-bensin-juga-bisa-basi-di-tangki-mobil

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.