Salin Artikel

Potensi MiniGP di Indonesia, Sudah Ada Komunitasnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap motor tidak terbatas di dimensi atau kapasitas mesin. Motor kecil dengan mesin 50 cc pun juga banyak digunakan untuk balapan.

Motor kecil tersebut banyak disebut dengan pocket bike atau motor mini. Sebab, ukurannya yang sangat kecil untuk ukuran orang dewasa.

Tapi, meski ukurannya kecil dan lebih cocok untuk anak-anak, penggemarnya justru lebih banyak orang dewasa. Bahkan, motor tersebut digunakan juga untuk balapan.

"Pemainnya kebanyakan itu orang dewasa. Karena kan bisa dibilang murah. Kalau anak kecil biasanya buat balap atau belajar. Tapi kalau orang dewasa jadi hobi. Buat harian, nongkrong, balap juga," kata Endang Tirtana selaku member Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Endang menambahkan, populasi motor mini banyak, tapi yang keluar jarang. Sebab, banyak pemiliknya yang cepat bosan.

"Buat yang dewasa sebentar saja juga sudah bosan. Bosan itu karena tidak ada temannya, biar tidak sia-sia dan tidak bosan, gabung sama komunitas. Di Facebook ada jadi tetap main motor mini," ujar Endang.

Ke depannya, motor mini akan banyak diminati lagi. Apalagi, Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga tertarik untuk menggelar FIM MiniGP World Series yang digaungkan oleh FIM dan Dorna Sports.

Untuk diketahui, pemenang dari kejuaraan tersebut di masing-masing negara akan diadu lagi di World Final yang digelar bersamaan dengan seri terakhir MotoGP di Valencia, Spanyol. Pemenang dari World Final akan melangkah lebih dekat ke MotoGP dengan mendapat tempat di Asia Talent Cup.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/11/110200715/potensi-minigp-di-indonesia-sudah-ada-komunitasnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.